Penyakit

4 Langkah Membuat Surat Keterangan Sehat Bebas Covid-19

Ilustrasi surat keterangan sehat bebas Covid-19

Kelaziman baru atau new normal dalam situasi pandemic virus corona baru atau Covid-19 sudah mulai diberlakukan sejak awal Juni kemarin. Masyarakat kini sudah mulai dibebaskan bergerak dengan syarat mesti mematuhi berbagai protokol kesehatan yang berlaku. Salah satunya, masyarakat yang akan bepergian meninggalkan domisilinya menuju luar daerah diwajibkan memiliki surat keterangan sehat bebas Covid-19. 

Surat keterangan sehat merupakan syarat untuk bisa memperoleh Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) agar Anda bisa bepergian ke luar daerah. Untuk memperoleh jenis surat keterangan sehat yang satu ini, Anda sendiri harus dinyatakan bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil negatif terkait rapid test serta pemeriksaan laboratorium atau polymerase chain reaction (PCR). 

Bagi Anda yang memang sedang membutuhkan surat keterangan sehat bebas Covid-19 untuk memperlancar urusan bisnis maupun kegiatan lainnya di luar kota, sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah untuk memperoleh surat tersebut. Tenang saja, cara untuk mendapatkan surat keterangan sehat tersebut tidaklah sesulit yang dibayangkan asal Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  • Siapkan dan Lengkapi Berkas 

Hal pertama dan terutama yang mesti Anda lakukan untuk mengajukan surat keterangan sehat adalah menyiapkan segala berkas yang diperlukan untuk dokumen ini. Berkas utama yang perlu Anda siapkan sebenarnya hanya kartu tanda penduduk (KTP). 

Jika karena suatu sebab KTP Anda belum ada di tangan, Anda bisa menggunakan surat keterangan pengganti KTP. Biasanya surat keterangan tersebut dikeluarkan oleh kelurahan karena blangko KTP sedang habis. Jika tidak ada juga, cobalah untuk segera mengurus data kependudukan Anda secepatnya. 

  • Cari dan Hubungi Fasilitas Kesehatan 

Jika Anda berstatus orang dalam pengawasan (ODP) karena pernah berinteraksi dengan orang yang positif terkena Covid-19, Anda bisa mengecek kesehatan Anda di puskesmas untuk mendapatkan surat keterangan sehat. Akan tetapi jika tidak, cobalah untuk mencari fasilitas kesehatan lain untuk membuat surat keterangan tersebut. Umumnya, rumah-rumah sakit swasta lah yang menyediakan layanan ini. 

Namun, tidak semua rumah sakit yang membuka fasilitas terkait layanan pembuatan surat keterangan sehat bebas Covid-19. Karena itu sebaiknya, Anda melakukan riset terlebih dahulu dan menghubungi rumah sakit yang menyatakan diri membuka layanan tersebut. Jika memang ada layanan tersebut di rumah sakit tertentu, barulah Anda bisa mendatangi fasilitas kesehatan tersebut. 

  • Lakukan Pembayaran 

Anda memang mesti merogoh kocek pribadi jika ingin mendapatkan surat keterangan sehat. Untuk menjalani rapid test, biaya layanannya berkisar Rp250.000. Sementara itu untuk tes PCR, Anda mesti mengeluarkan dana minimal sekitar Rp2 juta. 

Biaya layanan untuk rapid test maupun PCR sangat mungkin berbeda antara rumah sakit yang satu dengan rumah sakit lainnya. Karena itu, ceklah terlebih dahulu. Jika sudah sesuai, lakukan perjanjian dan pembayaran secara online. Baru setelah itu, Anda bisa datang ke rumah sakit tersebut untuk menjalani pemeriksaan terkait pemenuhan syarat surat keterangan sehat bebas Covid-19. 

  • Jalani Pemeriksaan

Di rumah sakit tempat Anda ingin memperoleh surat keterangan sehat, Anda hanya tinggal melakukan pemeriksaan rapid test dan PCR. Untuk rapid test, darah Anda akan diambil untuk kemudian dicek apakah ada indikasi terkena virus corona baru dari pembentukan antibodi di tubuh Anda. 

Jika hasilnya negatif, pemeriksaan akan dilanjutkan dengan PCR test. Kali ini, bukan darah Anda yang diambil, melainkan sampel lendir yang diambil dari tenggorokan ataupun hidung. Hasil PCR umumnya lebih akurat. Jika terbukti Anda berstatus negatif, maka barulah Anda layak memperoleh surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang berlaku selama 14 hari sejak surat tersebut dikeluarkan. 

***

Tidak sulit bukan mendapatkan surat keterangan sehat guna bisa memperoleh izin ke luar kota? Jika sudah memperolehnya, tetap ingat untuk menjalankan protokol kesehatan yang lain selama bepergian, seperti memakai masker dan selalu membawa hand sanitizer. Tujuannya agar kesehatan Anda lebih terjaga.