Kehamilan

5 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Kandungan

Selama kehamilan, ibu wajib untuk menjaga kesehatan kandungan dan juga dirinya. Salah satu caranya yaitu mengonsumsi makanan penuh nutrisi yang bermanfaat bagi ibu dan perkembangan janin. Misalnya saja kandungan folat untuk mencegah kerusakan saraf pada bayi, kalsium dan protein yang bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh dan tulang janin, serta zat besi untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia. Kebutuhan nutrisi tersebut diperoleh dari berbagai jenis makanan yang berbeda. Oleh karena itu penting bagi ibu untuk mengenali jenis makanan yang baik untuk kesehatan kandungan. Berikut beberapa pilihan makanan yang bisa Anda coba.

15 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Sayur-sayuran

Menjadi sumber makanan yang kaya akan antioksidan, kalsium, serat, dan kalium membuat sayuran hijau bagus untuk ibu hamil dan bisa menjaga kesehatan kandungan. Contohnya seperti bayam, brokoli, daun kale, kubis dan tomat. Bayam dapat memenuhi kebutuhan asam folat dan zat besi. Selain itu, bayam juga bisa meningkatkan kualitas ASI. Brokoli memiliki kandungan kalsium, beta karoten, asam folat dan mineral yang penting bagi perkembangan tulang dan gigi janin. Sedangkan tomat merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan untuk membantu penyerapan zat besi. Tomat juga memiliki senyawa antioksidan lycopene yang berperan melindungi ibu hamil dan janin dari kerusakan sel. Mengonsumsi sayuran hijau juga bisa menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Buah-buahan

Seperti halnya sayuran hijau, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang bisa menjaga kesehatan kandungan dan sistem pencernaan seperti mencegah sembelit. Ibu hamil bisa mengonsumsi pisang untuk meningkatan energi, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan merangsang kinerja otak janin. Selain itu juga ada buah mangga yang memiliki kandungan vitamin C dan bermanfaat untuk melindungi janin dari radikal bebas serta vitamin A yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh dan saraf janin. Buah lainnya yang bisa dikonsumsi yaitu alpukat, strawberry, jeruk, pepaya, apel, dan semangka.

Daging Tanpa Lemak, Ikan, dan Telur

Ikan, telur, dan daging tanpa lemak juga termasuk makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil terutama di trimester pertama karena merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan kandungan, perkembangan otak, dan sistem saraf janin. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung janin. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kekebalan tubuh. Telur, daging ayam, daging sapi juga merupakan sumber protein, zat besi, dan vitamin D yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anemia, menurunkan risiko bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Satu hal yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi ikan salmon atau daging, pastikan sudah diolah dengan baik dan dimasak hingga benar-benar matang.

Kacang-kacangan

Kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah, dan lentil memiliki kandungan folat yang tinggi dan baik untuk dikonsumsi ibu terutama di trimester pertama kehamilan. Kacang-kacangan berperan untuk mencukupi kebutuhan serat harian dan menjaga kesehatan kandungan, misalnya mencegah bayi terlahir dengan berat badan rendah. Ibu bisa menjadikan kacang sebagai cemilan ideal karena kandungan lemak sehat, zat besi, dan seng penting untuk meningkatkan otak dan perkembangan janin.

Susu dan Produk Olahan Lain

Selama kehamilan, konsumsi produk susu menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan kandungan. Asupan protein dan kalsium akan membantu pembentukan jaringan tulang bayi dan kesehatan tulang ibu. Selain itu, susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, zinc, serta probiotik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan. Minumlah setidaknya satu gelas susu sehari dan produk olahan lain seperti yoghurt atau keju. Satu hal yang perlu diperhatikan, pilih susu khusus ibu hamil dan produk olahan susu yang rendah lemak dan gula karena bisa menyebabkan diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.