Hidup Sehat

6 Rekomendasi Snack Kacang Sehat dan Lezat

Ketika membicarakan kacang-kacangan yang menyehatkan, banyak orang langsung terpikir kacang almond. Kacang almond mengandung lemak sehat yang bagus untuk jantung. Kacang almond juga salah satu makanan yang disarankan bagi pelaku diet. 

Padahal faktanya ada banyak sekali jenis kacang-kacangan yang sangat baik bagi kesehatan. Karena itu ketika membeli snack kacang, kamu kerap menemukan jenis kacang yang mungkin belum kamu lihat juga ada di dalam kemasan. 

Fakta Nutrisi tentang Kacang

Kacang mengandung tinggi lemak, padat kalori, dan merupakan sumber protein nabati yang baik. Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal yang memiliki manfaat kesehatan. Selain itu, semua kacang juga dikemas dengan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan walaupun kadar nutrisi setiap kacang berbeda. 

Snack kacang yang sehat antara lain almong, kacang polong, dan pistachio

Misalnya, segenggam kecil (28 gram) kacang almond mengandung 6 gram protein, sedangkan kacang kenari dalam porsi yang sama menyediakan 4 gram protein.  

Rekomendasi Snack Kacang yang Menyehatkan

Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut ini jenis kacang-kacangan beserta rekomendasi snack kacang yang bisa jadi teman diet atau cemilan malammu.

  1. Almond

Kacang almond berada di tingkatan pertama snack kacang paling menyehatkan. Kacang kaya akan serat, protein, vitamin E, dan antioksidan. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kacang almond dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar. Almond juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi peradangan pada penderita diabetes tipe 2. 

Blue Diamond Almond Roasted Salted merupakan salah satu pilihan snack kacang almond terbaik. Snack ini terbuat dari kacang almond murni dengan sedikit taburan garam Himalaya untuk memberikan rasa gurih dan asin namun tetap menyehatkan. 

Namun jika kamu lebih menyukai rasa kacang almond asli atau sedang melakukan diet rendah garam, kamu bisa memilih Francis Organic Kacang Almond Panggang Kupas Tawar yang bisa dikombinasikan dengan berbagai hidangan. 

  1. Kacang kenari

Kacang kenari merupakan kacang yang sangat populer sebagai sumber asam lemak omega-3 alpha-linolenic acid (ALA). Asam lemak ini terbukti ampuh mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat), total, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL. Selain itu, kacang kenari juga mengandung sifat anti-inflamasi dan berpotensi meningkatkan fungsi kognitif.

Francis Organic Roasted Walnut merupakan snack kacang sehat dan lezat yang terbuat dari kacang kenari organik dengan tambahan garam Himalaya. Selain orang dewasa, dijamin anak-anak juga akan menyukai rasanya yang gurih.

  1. Kacang mete

Kacang mete unggul dengan kadar zat besinya dan diklaim dapat meningkatkan kadar lipid darah dan mengontrol tekanan darah. Saat ini, peneliti juga sedang meneliti potensi kacang mede untuk meringankan gejala sindrom metabolik. 

Kacang mede panggang dari East Bali Cashews memiliki tekstur yang lembut dan rasa mete asli karena tidak mengandung pengawet, perasa, dan zat tambahan apapun. Selain itu, produk ini juga cocok dikonsumsi oleh pelaku diet vegan karena tidak mengandung produk hewan.

  1. Kacang macadamia

Kacang macadamia sering diremehkan, padahal kacang berukuran mini ini tinggi akan vitamin B1 dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Bahkan, diet dengan kacang macadamia mirip dengan diet jantung sehat yang direkomendasikan oleh American Heart Association (AHA).

Kacang macadamia bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan madu, seperti pada Camel Honey Macadamia Canister. Produk ini terbuat dari kacang macadamia berkualitas yang dilapisi madu asli, dan bebas dari tambahan MSG dan rendah lemak. Teksturnya yang lembut dan memiliki rasa manis membuat Camel Honey Macadamia Canister bisa jadi pilihan snack kacang menyehatkan untuk anak-anak hingga orang tua.

  1. Kacang pistachio

Kacang pistachio lebih sering dikenal dengan oleh-oleh haji karena kacang ini banyak tumbuh di Timur Tengah. Kacang berwarna putih kehijauan ini mengandung antioksidan konsentrasi tinggi lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga kesehatan mata. Kacang ini juga baik bagi kesehatan jantung, berat badan, dan kadar gula darah yang sehat.

Dengan kehadiran Kacang Pistachio SKV, kini kamu bisa menyantap snack kacang tersebut dengan mudah. Kacang pistachio dari SKV merupakan kacang pistachio kupas dengan rasa gurih dan renyah. Snack ini juga dikemas dengan tampilan unik sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang.Itu tadi 6 pilihan snack kacang sehat yang bisa dikonsumsi bersama dengan keluarga. Mana pilihan favoritmu?