Penyakit

Amer Campur Soda dan Susu, Miras Oplosan yang Berbahaya

Anggur merah atau biasa disebut amer merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang cukup populer. Belum lama ini, minuman tersebut menjadi lebih populer di media sosial karena beredarnya sebuah unggahan video seseorang sedang mencampur amer dengan soda dan susu evaporasi. Hal tersebut dianggap berbahaya oleh tubuh. Menariknya, banyak orang yang melihat unggahan media sosial tersebut ternyata telah menyadari bahwa kombinasi amer campur soda dan susu tidaklah tepat. 

Mengapa amer campur soda dan susu berbahaya?

Seperti yang telah diketahui, membuat campuran menggunakan minuman beralkohol atau oplosan sering kali dapat membahayakan jika tidak tepat takaran. Selain itu bahan yang digunakan pun berpengaruh. Proses pencampuran harus dilakukan secara berhati-hati dan teliti. Campuran yang tidak tepat akan menimbulkan interaksi yang meningkatkan risiko efek samping berbahaya. 

Amer campur soda dan susu evaporasi menjadi salah satu minuman oplosan yang berbahaya. Dikutip dari pernyataan dr. Karlina Lestari selaku medical doctor SehatQ, interaksi antara anggur merah dan susu dapat memicu gangguan kesehatan. Sifat asam pada anggur akan mengikat kasein pada susu sehingga keduanya mengental di saluran pencernaan dan membahayakan lambung. 

Selain itu, alkohol dan soda akan membuat efek mabuk terjadi lebih lambat. Hal itu akan menyebabkan seseorang mengonsumsi alkohol berlebihan sebab merasa tubuhnya kuat. Padahal efek samping dari alkohol pada tubuh tetap terjadi normal meski rasa mabuk datang lebih lambat. Selain itu, kombinasi soda dan alkohol juga mungkin menimbulkan efek samping berupa muntah dan kejang. 

Hal lain yang berbahaya jika dicampur soda

Soda sendiri memiliki kandungan kafein sehingga mudah berinteraksi dengan bahan lain serta bisa memberi efek samping yang buruk bagi tubuh. Menurut Step to Health, mengonsumsi soda bersama makanan atau minuman tertentu juga dapat membuat internal tubuh tidak seimbang dan menyebabkan gangguan pencernaan. Berikut ini beberapa hal yang dapat berinteraksi jika dicampurkan dengan soda. 

  1. Kopi

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein, sama halnya dengan soda. Saat keduanya dicampurkan maka dosis kafeinnya akan menjadi sangat tinggi. Kombinasi minuman ini perlu dihindari sebab dapat menyebabkan insomnia, mimpi buruk, serta gangguan tidur lainnya. Selain itu, kombinasi minuman ini juga dapat membuat kram perut, gangguan pencernaan, serta muntah. 

  1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menaikkan temperatur suhu tubuh dan tidak boleh dicampurkan dengan minuman soda. Soda bahkan tidak dianjurkan diminum ketika temperatur suhu tubuh sedang tinggi sebab kandungannya dapat berubah menjadi asam sulfur. Makanan lain yang mengandung bumbu hangat dan dapat menaikkan temperatur tubuh juga perlu dihindari untuk dicampurkan dengan soda seperti kari dan biji jintan. 

  1. Berbagai bahan susu

Berbagai makanan yang terbuat dari susu sebaiknya tidak dicampur dengan soda. Meski rasanya nikmat dan seolah tidak menimbulkan masalah, kombinasi keduanya dapat memicu interaksi berupa asam yang tinggi. Bagi orang dengan perut sensitif maka efek dari kombinasi keduanya akan langsung terasa bahkan ketika mengonsumsi dalam jumlah sedikit. Berbagai akibat dari campuran soda dan bahan berbahan susu yaitu kram perut, gangguan pencernaan, serta acid reflux

  1. Obat-obatan 

Saat sedang mengonsumsi obat maka sebaiknya Anda menghindari minum soda. Efektivitas obat dapat menurun jika bercampur dengan soda karena kandungan asamnya. Selain itu, soda dapat merusak beberapa jenis obat di mulut. Sebaiknya Anda minum obat menggunakan air putih agar untuk mengurangi risiko efek samping. 

Setelah mengetahui bahaya amer campur soda dan susu evaporasi, tentu Anda akan lebih berhati-hati mempercayai sesuatu yang viral. Media sosial belum tentu menampilkan informasi yang tepat sehingga Anda harus selalu mengecek ulang pada ahlinya. Hindari mengikuti apa yang orang lain lakukan di media sosial jika Anda belum paham betul konsekuensi dan efek samping yang ditimbulkan. Lebih amannya lagi, sebaiknya Anda menghindari mencampurkan dua jenis minuman atau lebih baik itu beralkohol atau tidak sebab bisa saja muncul interaksi yang membahayakan tubuh.