Uncategorized

Apa Saja Fungsi Rangka Manusia dan Cara Merawatnya

SebagaiĀ  manusia kita tentu mempunyai rangka atau tulang yang mempunyai fungsi dasar untuk mendukung pergerakan tubuh.

Sebab, tanpa rangka yang ada di dalam tubuh, kita tentunya tidak akan bisa bergerak, dan mengalami cacat atau lumpuh.

Dalam tubuh manusia sendiri, rangka yang ada membentuk sekitar 20% dari berat tubuh manusia, dan jumlahnya adalah 206.

Pada laki-laki dan perempuan tentunya terdapat perbedaan kerangka pada dua jenis kelamin ini. Pada laki-laki kerangka yang dimiliki lebih panjang dan massa tulangnya cukup terkenal tinggi sedangkan pada perempuan mempunyai tulang yang lebih lebar terutama di bagian panggul yang berfungsi untuk kehamilan dan kelahiran anak.

Lalu apa sajakah fungsi tulang pada manusia ini? Berikut penjelasannya!

Pemberi bentuk tubuh

Rangka dalam tubuh manusia dapat memberikan struktur yang jelas untuk membentuk tubuh yang dapat menegakkan tubuh, baik saat duduk maupun berdiri.

Struktur itu juga ditentukan oleh susunan tulang tengkorak dan tulang bagian depan, dan hal ini amat berpengaruh pada tinggi-rendah postur tubuh seseorang.

Sebagai penggerak

Tulang dalam tubuh manusia juga mempunyai fungsi sebagai penggerak yang memungkinkan Anda melakukan berbagai macam aktivitas harian.

Penggerak dalam tulang ini berasal dari sendi, jaringan, dan otot yang bekerja sama untuk menggerakkan tubuh. Jika salah satunya bermasalah, Anda juga akan mengalami masalah yang membuat Anda kesulitan bergerak dengan leluasa.

Penghasil sel darah

Fungsi rangka manusia yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah dapat menghasilkan sel darah, baik itu merah maupun putih.

Semua itu berasal dari sumsum tulang yang mempunyai kemampuan produksi hal tersebut. Selain sumsum tulang, sel darah juga dapat diproduksi di tulang pipa dan paha. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang karena fungsinya tersebut.

Pelindung dan pendukung organ

Tahukah Anda bahwa organ-organ tubuh kita yang cukup vital seperti paru-paru dan jantung ternyata keberadaannya dilindungi oleh tulang dalam tubuh kita, yaitu tulang rusuk atau otak yang dilindungi tulang tengkorak?

Hal ini supaya organ-organ vital tersebut tidak cepat mengalami kerusakan ketika terkena hantaman karena sifatnya yang keras.

Selain sebagai pelindung, tulang dalam tubuh manusia juga mendukung kinerja organ tersebut dalam pencernaan misalnya, yaitu gigi yang mengunyah makanan.

Penyimpan mineral

Rangka manusia adalah sumber terbaik untuk berbagai jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium dan vitamin D. Sebanyak 62% tulang tersusun dari garam anorganik, dan 99% kalsium ada pada tubih manusia.

Penyimpan energi tubuh

Fungsi berawal dari tulang sebagai pembentuk sumsum kuning yang ternyata mempunyai fungsi untuk menyimpan lemak.

Lemak sendiri dalam tubuh mempunyai fungsi sebagai sumber energi cadangan yang diperlukan ketika energi utama dari karbohidrat tidak ada.

Pemberi kekebalan tubuh

Rangka manusia juga berperan dalam memberikan kekebalan tubuh melalui sel-sel imunitas tubuh yang dihasilkan melalui sumsum tulang.

Cara menjaga dan merawat rangka manusia

Selain fungsinya yang cukup penting bagi tubuh, Anda tentunya juga harus menjaga dan merawat tulang dalam tubuh Anda tersebut supaya tidak mengalami kelainan dan kerusakan. Berikut cara-caranya:

Konsumsi fosfor dan vitamin D

Fosfor berfungsi untuk menguatkan dan menyehatkan tulang sedangkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang.

Cara mendapatkan fosfor adalah Anda bisa mengonsumsi sereal dan kacang-kacangan sedangkan vitamin D dengan mengonsumsi susu, kuning telur, dan hati.

Konsumsi zat kapur

Konsumsi zat kapur diperlukan supaya tulang tidak mudah keropos dan hancur. Anda bisa memperolehnya dari susu dan kacang-kacangan.

Selain zat kapur, Anda juga perlu mengonsumsi kalsium untuk memperkuat tulang yang bisa Anda peroleh dari keju, tahu, tempe, bayam, dan sarden.

Konsumsi sayuran

Konsumsi sayuran terutama yang mengandung vitamin C, yang dapat membantu pembentukan tulang dan melindungi sel-sel tulang.

Olahraga rutin

Selain konsumsi zat dan makanan bergizi, Anda juga harus melakukan olahraga secara rutin untuk bisa menguatkan fungsi rangka manusia, yang dapat mencegah Anda dari osteoporosis.