Uncategorized

Bukan Pisang Biasa, Intip Manfaat Pisang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat pisang merah untuk kesehatan sangat beragam

Pisang merah atau red banana atau disebut juga dengan blood banana adalah salah satu varietas pisang di dunia yang banyak dibudidayakan di Asia Tenggara. Sesuai namanya, kulit pisang ini berwarna merah dengan daging yang padat namun lembut dan rasa manis. Beberapa orang mengatakan rasanya seperti pisang biasa dengan sedikit rasa seperti raspberry dan lebih creamy.

Selain tampilannya yang unik, pisang merah mengemas banyak nutrisi. Manfaat pisang merah juga cukup beragam, secara historis pisang merah telah dijadikan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan libido. Karena itulah banyak orang yang ingin mencicipi pisang merah. 

Perbedaan pisang kuning dan pisang merah

Ada lebih dari 1.000 varietas pisang di dunia. Jika biasanya pisang memiliki kulit berwarna hijau yang akan berubah menjadi kuning ketika matang, pisang merah (Musa acuminata) atau Red Dacca memiliki ukuran lebih kecil dan kulit berwarna coklat kemerahan atau ungu. 

Pisang merah bukanlah hasil dari rekayasa genetika (non-transgenik) karena jenis pisang ini dibudidayakan dengan alami dan sangat hati-hati agar warna dan tekstur pisang seragam antara satu sama lain. Bahkan, pisang merah dikatakan lebih alami daripada pisang kuning karena sudah banyak varietas pisang kuning yang melalui proses transgenik.

Kandungan nutrisi dalam pisang merah

Kandungan nutrisi dalam pisang merah kurang lebih sama dengan pisang kuning. Sekitar 100 gram pisang merah memiliki nilai gizi berikut:

  • Kalori: 90
  • Karbohidrat: 21 gr
  • Protein: 1,3 gr
  • Lemak: 0,3 gr
  • Serat: 3 gr
  • Kalium: 358 mg
  • Magnesium: 27 mg
  • Fosfor: 22 mg
  • Kalsium: 5 mg
  • Vitamin B6: 0,3 mcg
  • Vitamin C: 8,7 mg
  • Vitamin B1: 0,031 mcg
  • Vitamin B2: 0,073 mcg
  • Folat: 20 mcg

Karbohidrat dalam pisang sebagian besar berasal dari gula seperti sukrosa dan fruktosa yang dapat menjadi sumber energi instan ketika dibutuhkan. Selain itu, pisang merah juga mengandung kolin, zat besi, vitamin A, dan mineral penting lainnya untuk membantu mendukung kesehatan fisik dan mental. 

Manfaat pisang merah bagi kesehatan tubuh

Berikut ini 6 manfaat pisang merah untuk tubuh:

  1. Merupakan sumber nutrisi

Pisang merah adalah varietas pisang yang padat akan nutrisi. Memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan pisang kuning umumnya, 100 gram pisang merah mampu memenuhi kebutuhan vitamin C, kalium, kalori, dan serat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. 

  1. Sumber antioksidan yang baik

Pisang merah kaya akan antioksidan kuat dan jumlahnya lebih banyak daripada pisang kuning. Antioksidan yang terkandung didalamnya antara lain karotenoid, vitamin C, dopamin, antosianin, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang bersama-sama melindungi tubuh dari stres oksidatif. 

Paparan stres oksidatif berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner dan kanker. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti pisang merah dapat melindungi tubuh dari hal tersebut.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pisang adalah sumber vitamin C yang baik, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dengan cara memperkuat sel-sel kekebalan tubuh. Selain itu, pisang merah juga mengandung vitamin B6 yang mendukung produksi sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

  1. Menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang mengandung serat yang berfungsi sebagai prebiotik atau makanan untuk bakteri sehat yang ada dalam sistem pencernaan. Jumlah bakteri sehat yang lebih sedikit dibandingkan dengan bakteri jahat dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan. 

Prebiotik dalam pisang juga dapat mengurangi kembung, mengurangi sembelit, mengurangi peradangan di usus, dan membuat feses lebih lunak. Mengonsumsi makanan kaya serat, seperti pisang juga membantu perut kenyang lebih lama sehingga pisang merah bagus dimasukkan ke dalam menu diet.

  1. Sumber energi

Pisang mengandung karbohidrat dan gula alami seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang dapat membuat tubuh lebih bertenaga. Gula dipecah menjadi karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi sepanjang hari.

  1. Mengontrol tekanan darah

Pisang kaya akan kalium dan magnesium, mineral penting untuk kesehatan jantung. Keduanya berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah meningkat dan bisa sampai ke seluruh tubuh dengan cepat. Hal ini juga membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Catatan

Pisang merah dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan gurih atau manis. Manfaat pisang merah juga sangat baik untuk anak-anak dimana pisang merah dapat menjadi sumber nutrisi bagi si kecil dan mendukung tumbuh kembangnya.