kulit & kecantikan

Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Ampuh, Sudah Coba?

Stretch mark adalah salah satu kondisi kulit yang umum, namun terkadang terasa cukup mengganggu. Tidak sedikit orang yang mencari cara menghilangkan stretch mark secara permanen.

Biasanya, stretch mark muncul setelah terjadi perubahan bentuk tubuh dengan cepat sehingga kulit mengalami peregangan. Munculnya stretch mark yang berbentuk garis-garis halus di permukaan kulit bisa mengganggu penampilan untuk sebagian orang.

Penyebab Munculnya Stretch Mark

Beberapa faktor risiko yang menyebabkan munculnya stretch mark, meliputi:

  • Penambahan atau penurunan berat badan secara mendadak
  • Sedang hamil
  • Keturunan
  • Lonjakan pertumbuhan bagi anak remaja
  • Penggunaan kortikosteroid
  • Penggunaan steroid anabolik
  • Operasi pembesaran payudara
  • Kondisi medis seperti sindrom marfan atau sindrom cushing

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Rasa percaya diri dapat memudar karena munculnya stretch mark di permukaan kulit. Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menyamarkan garis-garis halus tersebut, yaitu:

1. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin bisa membantu Anda untuk memudarkan stretch mark, terutama stretch mark berwarna putih. Tindakan eksfoliasi dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati dan merangsang kulit untuk melakukan regenerasi.

Anda bisa membarenginya dengan perawatan lain untuk memaksimalkan proses menghilangkan stretch mark.

2. Menggunakan krim topikal

Obat topikal dalam bentuk krim, lotion, atau salep dapat memudarkan stretch mark yang berwarna putih. Meskipun tidak menghilangkan stretch mark secara utuh, penggunaan obat topikal setidaknya bisa membantu menyamarkan garis-garis halus tersebut.

Anda perlu melakukan beberapa hal berikut saat menggunakan obat topikal, yaitu:

  • Gunakan saat stretch mark baru muncul karena efek obat topikal tidak begitu ampuh untuk memudarkan stretch mark yang munculnya sudah lama
  • Oleskan krim topikal dan pijat secara halus ke seluruh permukaan kulit yang terdapat stretch mark
  • Gunakan krim topikal ini secara rutin setiap hari

3. Terapi laser

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah terapi laser. Prosedur ini dilakukan dengan menembus kulit hingga ke dalam dan merangsang proses regenerasi kulit dengan penggunaan cahaya.

Terapi laser juga mampu mengaktifkan sel-sel pigmen kulit dan merangsang produksi melanin di area kulit yang terdapat stretch mark. Lama-kelamaan hal ini akan membuat stretch mark menyatu dengan warna kulit Anda.

4. Mikrodermabrasi

Cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah dengan tindakan mikrodermabrasi. Prosedur ini dilakukan dengan mengangkat sel kulit mati menggunakan vakum khusus dan kristal-kristal halus.

Mikrodermabrasi dilakukan dengan membuat lapisan epidermis kulit merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit yang terdapat stretch mark. Namun, hasil dari prosedur ini bergantung pada kondisi kulit Anda dan seberapa sering sesi perawatan dilakukan.

Mencegah Munculnya Stretch Mark

Jika tidak ingin stretch mark muncul, Anda juga bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa hal, diantaranya adalah:

1. Tetap terhidrasi

Menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya stretch mark. Penuhi asupan air putih yang cukup setiap hari agar kulit tidak kering. 

Dibandingkan kulit yang kering, stretch mark akan sulit timbul di kulit yang halus dan lembut karena kelembapannya terjaga.

2. Mengontrol berat badan

Seperti yang sudah diketahui bahwa stretch mark muncul karena pertambahan atau penurunan berat badan yang terjadi dengan cepat. Untuk menghindari munculnya stretch mark, Anda perlu mengontrol berat badan tetap berada di angka yang stabil,

Selain menghindari stretch mark, mengontrol berat badan juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Atur pola makan dan lakukan olahraga secara teratur untuk mendapatkan hal tersebut.

Itu tadi cara menghilangkan stretch mark dan cara mencegahnya yang bisa Anda lakukan. Namun, jika mengalaminya pun Anda tidak perlu khawatir karena stretch mark adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang.