Penyakit

Congek Menjadi Pertanda Anak Terkena Radang Telinga Tengah

Adanya congek pada telinga dapat menggambarkan adanya kotoran di telinga, baik yang padat maupun cair. Namun, apakah Anda tahu bahwa dalam istilah medis, kondisi ini disebut sebagai radang telinga tengah?

Radang telinga tengah alias otitis media adalah infeksi yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Kondisi ini terjadi pada bagian tengah telinga, yaitu di rongga belakang gendang telinga yang terdapat tulang pendengaran di dalamnya.

Selain dapat menimbulkan kotoran telinga, radang telinga tengah juga memunculkan gejala-gejala lainnya. Tanda-tanda ini perlu segera disadari agar bisa cepat diatasi dan kondisinya tidak semakin parah. berikut penyebab munculnya radang telinga tengah.

Penyebab terjadinya radang telinga tengah

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi pada bagian telinga tengah. Infeksi ini pada umumnya adalah kelanjutan dari penyakit lainnya, seperti flu dan alergi yang menyebabkan tersumbatnya saluran pernapasan, tenggorokan dan saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang hidung.

Bakteri dan virus ini akan lebih mudah masuk ke tubuh jika:

  • Berusia 6 bulan hingga 2 tahun karena sistem imun anak belum sempurna
  • Bayi dan anak-anak yang minum dari botol, apalagi jika minum dalam keadaan berbaring
  • Musim hujan, terutama ketika banyak orang sakit flu
  • Sering terpapar udara yang kotor seperti asap rokok

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah jangan membersihkan cairan telinga dengan cotton bud, apalagi sampai memasukkan ke lubang telinga. Cairan telinga cukup diseka dengan lap bersih atau kain kasa pada bagian luar lubang telinga.

Selanjutnya, Anda perlu membawa anak ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) untuk diperiksa. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan jika perlu anak bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk mengurangi rasa nyeri.

Tidak jarang, orang yang memiliki congek dibiarkan begitu saja. Padahal, otitis media ini perlu segera disembuhkan jika Anda tidak mau terkena komplikasi. Radang telinga tengah yang tidak kunjung sembuh bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang. Salah satu yang paling parah adalah membuat penderitanya sulit mendengar.