Penyakit

Faktor Penyebab Chondromalacia Patellae

Chondromalacia patellae disebut sebagai nyeri lutut anterior karena perubahan fisik dan biomekanik. Chondromalacia patellae, juga dikenal sebagai “runner’s knee”, adalah kondisi di mana tulang rawan di permukaan bawah patella (tempurung lutut) memburuk dan melunak. Kondisi ini umum terjadi pada individu muda yang atletis, tetapi juga dapat terjadi pada orang dewasa yang lebih tua yang menderita radang sendi lutut.

Chondromalacia patellae sering dilihat sebagai cedera yang terlalu sering digunakan dalam olahraga, dan terkadang mengambil cuti beberapa hari dari pelatihan dapat memberikan hasil yang baik. Dalam kasus lain, pelurusan lutut yang tidak tepat adalah penyebabnya dan istirahat saja tidak memberikan keringanan gejala. Gejala chondromalacia patellae adalah nyeri lutut dan sensasi menggemeretak, namun banyak orang yang mengalaminya tidak pernah berobat.

Tempurung lutut Anda biasanya berada di atas bagian depan sendi lutut Anda. Saat Anda menekuk lutut, bagian belakang tempurung lutut Anda meluncur di atas tulang rawan femur Anda, atau tulang paha, di lutut. Tendon dan ligamen menempelkan tempurung lutut ke tulang kering dan otot paha Anda. Jika salah satu dari komponen ini gagal bergerak dengan benar, ini dapat menyebabkan tempurung lutut Anda bergesekan dengan tulang paha Anda. Gesekan yang tidak normal ini dapat menyebabkan kerusakan pada patela, mengakibatkan chondromalacia patellae. Gerakan tempurung lutut yang tidak tepat dapat disebabkan oleh:

  • Keselarasan yang buruk karena kondisi bawaan
  • Paha belakang dan paha depan yang lemah (masing-masing otot di bagian belakang dan depan paha Anda)
  • Ketidakseimbangan otot antara adduktor dan penculik (otot di bagian luar dan dalam paha Anda)
  • Tekanan berulang pada sendi lutut Anda, seperti berlari, bermain ski, atau melompat
  • pukulan atau trauma langsung pada tempurung lutut Anda

Ada berbagai faktor yang dapat meningkatkan resiko Anda mengembangkan chondromalacia patellae, seperti:

  • Usia

Remaja dan dewasa muda beresiko tinggi mengalami kondisi ini. Selama percepatan pertumbuhan, otot dan tulang berkembang dengan cepat, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot jangka pendek.

  • Seks

Wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengembangkan chondromalacia patellae, karena mereka biasanya memiliki massa otot yang lebih sedikit daripada pria. Hal ini dapat menyebabkan posisi lutut tidak normal, serta lebih banyak tekanan lateral (samping) pada tempurung lutut.

  • Kaki datar

Memiliki kaki rata dapat memberi tekanan lebih pada sendi lutut daripada memiliki lengkungan yang lebih tinggi.

  • Cedera sebelumnya

Cedera sebelumnya pada tempurung lutut, seperti dislokasi, dapat meningkatkan risiko berkembangnya lutut pelari.

  • Tingkat aktivitas tinggi

Jika Anda memiliki aktivitas yang tinggi atau sering melakukan olahraga yang memberi tekanan pada sendi lutut, hal ini dapat meningkatkan risiko masalah lutut.

  • Radang sendi

Chondromalacia patellae juga bisa menjadi gejala radang sendi, suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada sendi dan jaringan. Peradangan dapat membuat tempurung lutut tidak berfungsi dengan baik.

Tujuan pengobatan chondromalacia patella adalah untuk mengurangi tekanan pada tempurung lutut dan sendi Anda. Beristirahat, menstabilkan, dan mengompres sendi mungkin merupakan pengobatan pertama. Kerusakan tulang rawan yang mengakibatkan kondisi ini sering kali dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan istirahat. Namun dokter mungkin meresepkan obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen, untuk mengurangi peradangan di sekitar sendi.