Hidup Sehat

Jangan Remehkan Fungsi Hormon Tiroksin

Sudah pernahkan Anda mendengar istilah hormon tiroid? Meskipun nama hormon ini tidak terlalu familiar bagi orang awam, fungsi hormon tiroksin tidak bisa dpandang remeh. Pasalnya, tiroksin merupakan salah satu hormon penting dalam tubuh yang merupakan bagian dari hormon tiroksin.

Hormon tiroksin sendiri merupakan hormon utama dalam tubuh yang dapat mmengaruhi optimalisasi kerja sel dan organ tubuh lainya. Tiroid mampu mengendalikan metabolisme tubuh sehingga dapat memengaruhi kondisi kesehatan kardiovaskular, otot, sampai perkembangan otak.

Lalu bagaimana dengan fungsi hormon tiroid? Jenis hormone yang diproduksi dan dilepaskan oleh kelenjar tiroid ini memiliki kemampuan tak kalah penting daripada hormon tiroid. Dengan memastikan produksi tiroksin terpenuhi tanpa kekurangan dan kelebihan, berbagai manfaat ini dapat Anda peroleh.

  1. Memelihara Kesehatan Otak

Dengan jumlah produksi yang pas, hormon tiroksin mampu menjaga kesehatan otak Anda. Di mana hormone ini bertugas memastikan otak tetap waspada dan responsos terhadap rangsangan yang diteirma oleh tubuh.

  • Mengatur Berat Badan

Siapa sangka ternyata berat badan seseorang diatur oleh hormon tiroksin? Yang jelas dengan kehadiran hormon ini, tubuh dapat mengatur berat badan, mulai dari menaikkan sampai menurunkannya. Fungsi ini dapat diperoleh dari tiroksin karena jenis hormon tersebut memiliki kemampuan untuk mengatur metabolime tubuh, termasuk mengatur pembakaran lemak di tubuh.

  • Menjaga Fungsi Jantung

Salah satu pekerjaan hormon tiroksin adalah memperkuat pompa jantung. Artinya dengan keberadaan hormon yan merupakan bagian dari kelenjar tiroid ini, aliran darah yang dibutuhkan dalam tubuh dapat tercukupi karena jantung bisa bekerja secara optimal dan tanpa henti.

  • Memproduksi Hormon Pertumbuhan

Pertumbuhan seseorang ternyata dipengaruhi oleh hormon tiroksin. Hormon ini membantu pembentukan hormon pertumbuhan yang bermanfaat untuk menambah ukuran dan berat badan, khususnya bagi anak. Bagi orang dewasa, hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh tiroksin lebih mengarah pada fungsi pembentukan otot.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Fungsi hormon tiroksin secara umum untuk mengatur metabolisme tubuh berdampak pada kadar kolesterol. Dengan produksi yang tepat, tiroksin mampu membakar kalori dan lemak jahat sehingga kadar kolesterol terjaga. Dengan kadar kolesterol yang demikian, risiko penyakit kronis, seperti stroke, diabetes, juga penyakit kardiovaskular, dapat diminimalkan.

  • Mengatur Siklus Menstruasi

Hormon tiroksin sangat berpengaruh pada kondisi perempuan. Pasalnya, jenis hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid ini mampu mengatur siklus menstruasi bulanan. Kekurangan tiroksin bisa membuat jadwal menstruasi belakangan sehingga berpotensi menhganggu kesehatan.

  • Mengaktifkan Sistem Saraf

Fungsi hormon tiroksin yang tidak kalah penting adalah mengaktifkan sistem saraf pusat. Kemampuan ini berhubungan dengan fungsi tiroksin dalam menjaga respons otak.  Dengan sistem saraf yang terkendali, Anda dapat berkegiatan secara maksimal.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan sangat bergantung pada kemampuan pengolahan makanan. Di sinilah fungsi hormon tiroksin, yakni mengatur metabolisme tubuh yang bermanfaat pada pengolahan makanan yang lebih cepat. Dengan demikian, sistem pencernaan menjadi lebih terjaga.

  • Mengatur Suhu Tubuh

Apabila Anda memiliki masalah dengan suhu tubuh yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, bisa jadi karena ada masalah terkait produksi hormone tiroksin pada tubuh Anda. Ini karena salah satu kemampuan hormone tiroksin adalah menaikkan ataupun menurunkan suhu tubuh ke kadar normal.

  1. Meminimalkan Kontraksi Otot

Kontraksi otot yang berlebihan dalam berkegiatan rentan membuat Anda cedera. Namun tenang saja, sebenarnya kontraksi otot sudah diatur oleh tiroksin. Jenis hormon ini bermanfaat meminimalkan kontraksi otot pada seseorang sehingga peluang cedera juga dapat dikecilkan.

***

Banyak bukan fungsi hormon tiroksin? Karena itu, pastikan selalu produksinya mencukupi. Rutinlah melakukan tes kesehatan secara menyeluruh guna memastikan tidak ada masalah dengan produksi hormon tiroksin di tubuh Anda.