Hidup Sehat

Javara Hingga Barco, Ini Minyak Kelapa Goreng Pilihan Terbaik

Minyak kelapa goreng merupakan minyak goreng yang terbuat dari daging kelapa asli. Minyak kelapa goreng diklaim memiliki kadar asam lemak jenuh tinggi sehingga cocok digunakan untuk pemanasan suhu tinggi. 

Javara merupakan salah satu minyak goreng kelapa berkualitas terbaik dan cocok digunakan untuk sehari-sehari. Simak artikel berikut untuk mengetahui minyak kelapa goreng terbaik. 

Rekomendasi minyak goreng kelapa terbaik

  1. Minyak Goreng Kelapa Javara

Javara merupakan produsen makanan dan bahan makanan yang bersumber dari keanekaragaman hayati pangan Indonesia, termasuk minyak goreng kelapa. Minyak goreng kelapa Javara diambil langsung dari petani kelapa dan diproduksi menggunakan teknologi terbaik. 

Minyak goreng kelapa Javara memiliki titik asap yang tinggi, tanpa aroma, dan memberikan rasa yang netral sehingga cocok digunakan untuk memasak hidangan apapun. 

Minyak goreng kelapa Javara akan membeku jika disimpan di bawah suhu 24ºC. Simpan pada suhu ruang untuk mencegah minyak membeku.

  1. Barco Coconut Cooking Oil

Barco merupakan perusahaan maunfaktor yang berfokus pada pengolahan minyak nabati dengan bahan baku kelapa. PT. Barco telah beroperasi lebih dari 60 tahun sejak tahun 1950. 

Salah satu produk utama dari PT. Barco adalah Barco Coconut Cooking Oil. Kelapa yang digunakan merupakan 100% kelapa asli dan diproses dengan teknologi tinggi. Barco Coconut Oil juga sudah tersertifikasi Halal MUI.   

  1. Horeco Coconut Cooking Oil

Minyak Horeco terbuat dari 100% daging kepala asli dengan Grade A, dimana pohon kelapanya tumbuh alami secara liar (di luar perkebunan). Minyak kelapa goreng Horeco memiliki label non-GMO, yang berarti bebas dari hasil rekayasa genetika. Horeco Coconut Cooking Oil juga dikemas dengan kemasan kaca sehingga kualitasnya lebih terjaga. 

  1. Kara Minyak Goreng Kelapa

KARA berfokus pada produk olahan kelapa seperti santan dan minyak goreng kelapa. Minyak goreng kelapa KARA terbuat dari kelapa berkualitas yang diambil langsung dari petani kelapa di seluruh wilayah Indonesia. 

Minyak kelapa goreng KARA diproses modern dan higienis, lebih bening karena tidak mengandung pewarna, serta tanpa pengawet dan tambahan perasa. KARA Coconut Cooking Oil juga bebas kolesterol, dan lebih stabil sehingga dapat digunakan berkali-kali.

Mana yang lebih sehat, minyak goreng kelapa atau kelapa sawit?

Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit. Dengan adanya minyak goreng yang terbuat dari kelapa, mungkin membuat Anda bertanya-tanya manakah yang lebih sehat antara keduanya?

Jika dilihat dari komposisi gizi, minyak kelapa mengandung lebih banyak kalori dibandingkan minyak sawit, yaitu 120. Minyak goreng kelapa juga memiliki asam lemak jenuh yang tinggi, yaitu 12 gram. Hal inilah yang membuat minyak goreng kelapa lebih stabil dan cocok digunakan untuk memasak atau memanggang dengan suhu tinggi. Sementara kandungan asam lemak jenuh dan tak jenuh pada minyak goreng kelapa sawit memiliki jumlah yang seimbang, sehingga lebih mudah rusak dan cepat menghitam saat dipakai menggoreng.  

Minyak kelapa sawit juga dilengkapi dengan vitamin E dan vitamin A, serta asam lemak esensial seperti oleat, linoleiat, linolenat yang berfungsi sebagai antioksidan. Sedangkan minyak goreng kelapa mengandung lemak rantai menengah (MCT). 

Jika dilihat dari nilai gizinya, keduanya memiliki manfaat kesehatan yang sama, begitu juga dengan risiko kesehatannya. Minyak goreng kelapa memiliki kandungan lemak jenuh tinggi sehingga bisa meningkatkan kolesterol jahat. Adapun menggunakan minyak kelapa sawit secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan penyakit kardiovaskular. 

Baik minyak goreng kelapa Javara atau minyak sawit, keduanya harus digunakan secara bijak untuk mencegah risiko kesehatan.