Hidup Sehat

6 Manfaat Bengkoang, Tak Hanya untuk Kecantikan

Anda tentu sudah tidak asing dengan bengkoang. Salah satu umbi-umbian yang sering Anda jadikan rujak karena rasanya yang manis serta mempunyai banyak khasiat terutama bagi kecantikan kulit dan wajah. Bagaimana manfaat bengkoang bagi anggota tubuh lainnya?

Mengenai hal itu, tidak mengherankan jika bengkoang memang sering dijadikan sebagai bahan-bahan kosmetik wanita mulai dari masker, lulur, hingga sabun.

Selain itu, umbi-umbian yang kaya akan air ini ternyata mempunyai juga mempunyai banyak nutrisi yang diperlukan bagi tubuh, yaitu:

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Seng 
  • Tembaga
  • Kalsium
  • Fosfor

Nutrisi-nutrisi tersebut tentunya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh selain kesehatan kulit. Apa saja manfaat bengkoang bagi tubuh ? Simak di bawah ini!

1. Mencegah penyakit-penyakit kronis

Penyakit-penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak dialami hampir semua orang di dunia, dengan tingkat penderita yang cukup banyak setiap tahunnya.

Munculnya penyakit-penyakit disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup dan keturunan.  Berbagai macam pencegahan dan pengobatan sering dilakukan untuk meminimalkan dan mengatasi penyakit-penyakit kronis.

Apabila Anda memilih cara alami, Anda bisa mengonsumsi bengkoang yang ternyata dapat mengatasi penyakit-penyakit kronis tersebut sekaligus mencegahnya datang kembali.

Diketahui bengkoang mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit-penyakit kronis.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menjadikan bengkoang sebagai salah satu menu diet dengan dimakan langsung.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sebagai sebuah organ paling vital dalam tubuh, jantung harus terus dijaga kesehatannya supaya tidak mengalami masalah-masalah kesehatan seperti penyakit jantung yang diakibatkan oleh penumpukan kolesterol jahat dalam darah.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tidak menyebabkan kolesterol serta dapat melancarkan darah ke seluruh tubuh dari jantung.

Salah satu yang bisa Anda andalkan adalah bengkoang. Umbi-umbian ini ternyata mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain kalium, ada zat besi dan tembaga yang mampu meningkatkan sirkulasi darah.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat bengkoang yang tentu ingin dirasakan langsung oleh yang memakannya adalah umbi-umbian ini mampu melancarkan pencernaan secara maksimal.

Bengkoang mengandung serat bernama inulin yang mampu membuat tinja lebih lunak dan mudah bergerak ketika melalui saluran pencernaan.

Manfaat ini tentu saja cocok bagi Anda yang sering mengalami sembelit sehingga sering susah buang air besar.

4. Mencegah kekurangan air

Kekurangan air dalam tubuh atau dehidrasi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang sering menyerang mereka yang beraktivitas padat seharian terutama di cuaca panas.

Untuk mengatasinya Anda tentunya harus meminum air putih dengan cukup, dan jika tidak ada air putih sama sekali, Anda bisa memakan bengkoang yang mempunyai kadar air cukup banyak sehingga dapat mencegah Anda dari dehidrasi.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, tentunya jangan melupakan bengkoang karena umbi-umbian yang satu ini mempunyai kalori yang rendah dan nutrisi yang banyak.

Selain itu, bengkoang kaya akan serat dan air sehingga dapat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga Anda tidak ada keinginan untuk makan lagi.

6. Meningkatkan fungsi otak

Sebagai organ yang digunakan untuk kegiatan berpikir, otak pun harus dijaga kesehatannya supaya fungsi berpikir tidak tumpul serta sarafnya tidak terganggu karena jika terganggu akan dapat menyebabkan stroke.

Untuk bisa menjaganya Anda bisa mengonsumsi bengkoang. Kandungan vitamin B6 di dalamnya, mendukung manfaat bengkoang untuk kesehatan otak karena vitamin ini berperan melancarkan darah ke otak.