Hidup Sehat

Manfaat Kacang–kacangan Sebagai Sumber Vitamin E bagi Tubuh

Manfaat Kacang–kacangan Sebagai Sumber Vitamin E bagi Tubuh

Mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin E sangatlah penting bagi tubuh. Vitamin E memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti memperbaiki struktur kulit, menyehatkan kulit, dan mencegah penuaan dini. Salah satu makanan yang mengandung vitamin E adalah kacang-kacangan seperti kacang almond. 

Tidak hanya kacang-kacangan makanan yang berperan sebagai sumber vitamin E, tetapi ada juga minyak hazelnut, biji bunga matahari sampai alpukat. Manfaat dari mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin E pun sangat baik untuk tubuh. Jadi, apa saja sih manfaat yang tubuh Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E?

  1. Memiliki efek antioksidan

Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E akan melindungi tubuh dari kerusakan sel, jaringan, maupun organ tubuh lainnya dari paparan radikal bebas. Antioksidan juga berfungsi mencegah terjadinya penuaan diri serta menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan pertambahan usia. 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya vitamin C saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Akan tetapi, nyatanya Vitamin E juga memiliki manfaat untuk kulit karena efek antioksidannya mencegah kerusakan jaringan kulit. Manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan adalah kulit menjadi lebih lembab dan mengencangkan kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan tentunya mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan pada wajah.

  1. Menjaga Kesehatan Saraf dan Otak

Keseimbangan nutrisi dalam tubuh memang harus seimbang. Jangan sampai ada nutrisi dengan porsi yang berlebih atau berkurang. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin E. Salah satu manfaat vitamin E yang tak kalah penting, yaitu menjaga fungsi saraf dan otak. Jika asupan vitamin E dari makanan dan suplemen terpenuhi maka dapat mencegah seseorang dari pikun dan demensia.

  1. Melancarkan peredaran darah

Begitu banyak manfaat dari mengonsumsi vitamin E. Salah satunya akan memudahkan tubuh menyerap vitamin K yang membantu memperlancar produksi sel darah yang baru. Selain itu, vitamin E akan melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah di sepanjang salurannya.

  1. Meningkatkan sistem imun

Tanpa Anda sadari dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E akan membentuk sistem imun yang kuat. Kondisi ini akan menurunkan risiko Anda terkena infeksi virus maupun bakteri. Manfaat vitamin E yang satu ini juga mendatangkan efek lain, berupa meningkatnya aktivitas antarsel, sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan normal.

Peran vitamin E dalam tubuh begitu penting. Keseimbangan nutrisi yang ada dalam tubuh kita harus terjaga. Jika tidak bisa memakan kacang – kacangan, Anda bisa mengonsumsi buah atau sayur lainnya sebagai sumber vitamin E. Dilansir dari Medical News Today sumber Vitamin E terbaik dapat Anda temui dari berbagai jenis sumber makanan, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. 

Contohnya, dalam 100 gram biji matahari terdapat kandungan Vitamin E sebesar 35,17 mg. Tidak hanya itu, bahkan seperempat mangkuk biji bunga matahari dapat memenuhi 80% kebutuhan vitamin E harian Anda. Selain biji-bijian, sayuran hijau seperti bayam mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mengatasi inflamasi. Jika Anda mengonsumsi seporsi bayam mentah dengan berat 100 gram mengandung 2.03 mg vitamin E.

Nah, itulah beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi makanan yang mengandung sumber Vitamin E. Keseimbangan nutrisi dalam tubuh juga harus diperhatikan agar kesehatan semakin terjaga. Jadi, jangan sampai tubuh kekurangan Vitamin E, ya!