Rumah sakit

Manfaat Melakukan Tes Golongan Darah di Kimia Farma Batam

Golongan darah Anda lebih dari sekadar huruf dan tanda. Golongan darah adalah hadiah tak ternilai bagi orang yang membutuhkan transfusi yang menyelamatkan jiwa dan kunci untuk memahami kesehatan Anda dengan lebih baik. Anda dapat melakukan pemeriksaan tes golongan darah di  Kimia Farma Batam.

Kimia Farma Batam memiliki jaringan perawatan yang mencakup banyak lokasi lab di berbagai tempat yang dapat memberikan dukungan pengujian dan patologi pada setiap tahap perjalanan kesehatan Anda.

Pengertian Golongan Darah

Semua darah terdiri dari plasma, sel darah merah dan putih dan trombosit, tetapi gen Anda, yang diturunkan dari orang tua Anda, menentukan antigen (penanda protein) yang Anda miliki. Golongan darah diklasifikasikan sebagai A, B, AB atau O, tergantung pada antigennya.

Mengapa Anda Harus Tes Golongan Darah?

Darah adalah komponen penting yang luar biasa dari tubuh Anda. Mengetahui mana dari golongan darah yang bekerja di dalam tubuh Anda adalah penting untuk membantu Anda tetap sehat dan bahkan merencanakan masa depan.

1. Mendapatkan Transfusi yang Tepat dalam Keadaan Darurat

Alasan terpenting mengapa Anda harus mengetahui golongan darah adalah dalam keadaan darurat. Jika Anda memerlukan transfusi darah setelah kecelakaan, pembedahan, atau persalinan, Anda memerlukan darah yang kompatibel. Antigen darah dapat memicu respons kekebalan jika asing bagi tubuh Anda, yang berarti campuran darah yang salah dapat menggumpal secara berbahaya di dalam pembuluh darah.

Sebelum transfusi, darah Anda akan diuji dan dicocokkan dengan darah donor yang sesuai. Jika Anda membutuhkan transfusi, tim medis di Kimia Farma Batam akan memastikan Anda hanya menerima yang sesuai.

2. Mengetahui Jenis Donor 

Salah satu alasan terbaik untuk mengetahui golongan darah Anda adalah untuk membantu orang lain melalui donor darah. Anda membutuhkan transfusi darah ataupun donor darah dalam situasi tertentu seperti pada saat terjadi bencana alam, tragedi atau peningkatan kecelakaan lalu lintas. Jenis O-negatif dan O-positif paling sering diminati.

Idealnya, transfusi darah dilakukan dengan darah yang disumbangkan yang cocok untuk kedua jenis dan faktor Rh. Namun:

– Golongan darah AB-positif merupakan resipien universal dan dapat menerima darah dari semua golongan meskipun hanya mampu mendonorkan kepada golongan AB lain.

– Golongan darah O umumnya dikenal sebagai donor universal karena kemampuannya untuk memasok sel darah merah ke hampir semua penerima.

– Donor plasma universal adalah orang yang bergolongan darah AB.

– Donor sel darah merah universal adalah seseorang yang memiliki golongan darah O.

3. Untuk Mengetahui Seberapa Umum, atau Langka, Golongan Darah Anda

Darah Anda mungkin umum atau jarang, tergantung pada antigen dan faktor Rh dalam darah Anda. Di Amerika, golongan darah yang paling umum adalah O-positif, dan yang paling langka adalah AB-negatif. Golongan darah O-positif cenderung menjadi golongan darah yang paling umum di seluruh kelompok diikuti oleh darah A-positif. 

4. Merencanakan Kehamilan yang Sehat

Dalam beberapa kasus, golongan darah dapat mempengaruhi kesuburan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki golongan darah O mungkin menghadapi risiko lebih tinggi dari kondisi yang disebut cadangan ovarium (telur) yang berkurang, yang berarti mungkin lebih sulit bagi wanita ini untuk hamil. 

Wanita yang ingin memiliki anak, dan mereka yang sudah hamil, harus mengetahui golongan darahnya karena alasan penting lainnya: ketidakcocokan golongan darah atau faktor Rh. Jika seorang ibu hamil memiliki darah Rh-negatif dan bayinya memiliki darah Rh-positif, itu dapat menyebabkan sesuatu yang disebut ketidakcocokan Rh.

Jika darah ibu bersentuhan dengan bayi selama kehamilan – yang jarang terjadi – dapat memicu darah ibu untuk memproduksi antibodi yang menyerang darah bayi, yang dapat menyebabkan penyakit kuning pada bayi.

Golongan darah ibu hamil biasanya diperiksa di awal kehamilan untuk mengurangi kondisi ini. Jika golongan darah ibu atau faktor Rh berbeda dari bayinya, ia mungkin menerima suntikan immunoglobulin, yang membantu mencegah produksi antibodi untuk menjaga ibu dan bayi tetap aman.

5. Mengurangi Risiko Kondisi Kesehatan

Tes golongan darah di Kimia Farma Batam bermanfaat untuk mendeteksi berbagai penyakit. Beberapa golongan darah terkait dengan risiko penyakit tertentu yang lebih tinggi. Para ilmuwan terus bekerja untuk mengidentifikasi korelasi antara golongan darah dan risiko penyakit.

Sebagai contoh, para peneliti di Harvard School of Public Health mengamati dua studi jangka panjang yang menilai kesehatan jantung dan golongan darah individu. Para peneliti menemukan bahwa:

Peserta dengan tipe B memiliki risiko penyakit arteri 10% lebih tinggi dan tipe AB memiliki risiko 23% lebih tinggi

Orang dengan golongan darah A adalah 5% lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit arteri koroner dibandingkan dengan golongan darah O

Peserta tipe O memiliki risiko penyakit jantung terendah. Oleh karena itu, Anda harus melakukan tes golongan darah di Kimia Farma Batam.