Hidup Sehat

Manfaat Pemanasan Setelah Latihan dan Olahraga

Umumnya orang-orang melakukan pemanasan atau peregangan sebelum melakukan aktivitas olahraga ataupun latihan beban apapun. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat pemanasan dan peregangan setelah latihan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, mengurangi risiko cidera, dan mengurangi tegangan otot di tubuh? Bahkan, peregangan setelah latihan dapat membantu meningkatkan performa Anda di hari lain saat latihan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk melakukan pemanasan atau peregangan setelah latihan, sehingga hal ini jarang dilakukan. Namun, peregangan setelah latihan nyatanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Artikel ini akan membahas hal-hal seputar manfaat pemanasan dan peregangan pasca latihan.

Manfaat pemanasan setelah latihan

Manfaat pemanasan sudah banyak diakui oleh para ahli. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda dapatkan dengan melakukan peregangan setelah latihan atau olahraga.

  • Fleksibilitas dan rentang gerakan yang lebih besar

Pemanasan atau peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas persendian Anda. Memiliki fleksibilitas yang lebih besar dapat membantu Anda bergerak dengan lebih mudah, dan hal ini dapat meningkatkan rentang gerakan persendian Anda. Rentang gerakan adalah seberapa jatuh Anda dapat menggerakkan persendian dalam arah yang normal sebelum berhenti.

  • Postur tubuh yang lebih baik dan kurangnya rasa sakit pada punggung

Otot yang kencang dan membuat postur tubuh Anda berubah ke arah yang salah. Saat Anda duduk atau berdiri dengan tidak benar, biasanya Anda akan memberikan tekanan lebih pada otot dan menegangkannya. Hal ini, dengan seiring berjalannya waktu, dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung dan sakit jenis lain pada musculoskeletal.

Menurut sebuah studi pada tahun 2015, mengkombinasikan antara rutinitas latihan kekuatan dan latihan peregangan atau pemanasan dapat mengurangi rasa sakit pada punggung dan pundak. Kombinasi antara dua latihan tersebut juga mendorong sikap tubuh yang tepat, sehingga dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Melakukan peregangan dan pemanasan otot dengan teratur juga dapat mengatasi cidera atau rasa sakit pada punggung. Selain itu, hal ini dapat menurunkan risiko cidera punggung di kemudian hari.

  • Mengurangi ketegangan otot dan menurunkan stres

Stres adalah bagian dari hidup sehari-hari manusia. Namun terkadang, stres dapat terasa sangat berat dan membuat otot menjadi tegang. Dengan melakukan pemanasan dan peregangan otot yang terasa kencang dan tegang dapat membantu membuatnya menjadi lebih relaks, sehingga dapat menurunkan kadar stres dan membantu Anda merasa lebih tenang.

  • Meningkatkan aliran darah

Menurut studi hewan pada tahun 2018, melakukan peregangan setiap harinya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi darah pada otot dapat membantu menyembuhkan otot dengan lebih cepat setelah latihan. Aliran darah yang lebih baik juga dapat membantu mencegah otot kaku atau keram setelah latihan.

Anda mungkin pernah mendengar tentang pemanasan statis dan pemanasan dinamis, dan heran apa yang membedakannya satu sama lain. Pemanasan statis melibatkan pemanasan/peregangan yang Anda tahan selama beberapa waktu, biasanya 20 hingga 60 detik. Dalam kata lain, Anda tidak bergerak saat Anda melakukan peregangan pada otot atau grup otot tertentu. Pemanasan statis biasanya dilakukan di akhir latihan, setelah otot panas dan relaks. Pemanasan dinamis melibatkan pergerakan yang aktif. Dengan pemanasan jenis ini, persendian dan otot melewati rentang gerak sepenuhnya. Pemanasan dinamis dilakukan sebelum latihan untuk membantu Anda memanaskan otot dan membuat detak jantung menjadi lebih cepat. Keduanya memiliki manfaat pemanasan yang baik untuk dilakukan.