Uncategorized

Melanox Cream vs Melanox Cream Forte, Mana yang Lebih Ampuh?

Melanox cream adalah obat krim yang berfungsi menyamarkan bercak wajah atau hiperpigmentasi pada kulit. Krim ini mengandung zat aktif hydroquinone yang berfungsi mencerahkan kulit wajah. Karena kandungan hidrokuinonnya cukup tinggi, Melanox cream termasuk obat keras dan penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter. 

Terdapat dua jenis krim Melanox, yaitu Melanox Cream dan Melanox Forte Krim. Keduanya memiliki kandungan hydroquinone yang berbeda. Lantas, manakah dari keduanya yang lebih ampuh mencerahkan kulit?

Mengenal hydroquinone dalam Melanox

Melanox Cream dan Melanox Forte Krim sama-sama mengandung hydroquninone sebagai bahan aktifnya. Hydroquinone merupakan agen pencerah kulit yang berfungsi memutihkan, menyamarkan bercak di wajah, dan mengatasi warna kulit yang tidak merata. 

Zat aktif ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah melanosit, pembuat melanin, yang memberikan warna pada kulit. Produksi melanosit yang meningkat akan menyebabkan munculnya bercak gelap pada kulit atau disebut dengan hiperpigmentasi. 

Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh paparan sinar UV berlebih, penggunaan obat hormon dan pil KB, dan kehamilan. Hydroquinone juga bisa menyamarkan noda bekas jerawat, kloasma, dan melasma. Dengan mengontrol produksi melanosit, kulit akan kembali merata seiring waktu. 

Melanox Cream vs Melanox Forte Krim, mana yang lebih ampuh?

Kandungan hydroquinon dalam Melanox Forte adalah 4%, dua kali lebih besar dari Melanox Cream yang hanya mengandung hidrokuinon 2%. Meski mengandung zat aktif yang lebih banyak, tidak bisa dikatakan bahwa Melanox Forte lebih ampuh dan lebih cepat dalam mengatasi hiperpigmentasi kulit. 

Pemilihan kadar konsentrasi suatu bahan aktif dalam obat harus didasarkan pada beberapa hal, misalnya tingkat keparahan penyakit atau faktor lainnya. Karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit terlebih dahulu untuk menentukan produk mana yang cocok dengan Anda. 

Apakah krim Melanox aman untuk semua jenis kulit?

Melanox cream umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh pemilik kulit normal atau cenderung berminyak. Tapi bagi pemilik kulit sensitif atau kering, hydroquinone bisa menyebabkan kulit semakin kering dan iritasi. Hydroquinone juga berisiko memperburuk hiperpigmntasi pada warna kulit sedang hingga gelap. 

Cara menggunakan Melanox Cream dengan benar

Sebelum melakukan suatu produk topikal, selalu lakukan uji alergi untuk mengetahui reaksi atau efek samping yang mungkin muncul. Caranya adalah dengan menggosokkan sedikit produk ke bagian dalam lengan bawah dan tunggu selama beberapa menit hingga jam. Jika Anda mengalami reaksi gatal atau iritasi yang sangat parah, itu tandanya Anda alergi terhadap hydroquinone dalam krim Melanox. 

Jika Anda tidak merasakan reaksi apapun, Anda bisa dengan aman mengoleskan Melanox cream ke kulit yang terdampak. Namun sebelumnya, pastikan kulit dan tangan Anda dalam keadaan bersih dan kering. Setelah itu oleskan sedikit produk secara merata ke seluruh area kulit yang terdampak. Diamkan hingga produk benar-benar meresap. Terakhir, cuci tangan Anda setelah digunakan. Sebaiknya gunakan Melanox cream 1 kali sehari sebelum tidur atau sesuai anjuran dokter.

Efek samping

Selama perawatan dengan Melanox cream, Anda mungkin merasakan efek samping seperti sensasi kulit terbakar atau perih. Efek samping ringan tersebut biasanya terjadi di awal penggunaan, dan akan membaik setelah penggunaan berikutnya. Efek samping lainnya yaitu kulit kering, kemerahan, gatal, dan iritasi. 

Catatan

Selama dalam pengobatan dengan Melanox cream, jangan lupa untuk menggunakan sunblock atau sunscreen di pagi hari sebelum beraktivitas. Paparan sinar matahari akan menghambat cara kerja hydroquinone sehingga proses penyembuhan terganggu. Selain itu, hydroquinone juga membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Jika dalam waktu tiga bulan tidak ada efek yang terlihat, hentikan penggunaan dan konsultasikan kembali dengan dokter. Hydroquinone tidak boleh digunakan dalam jangka panjang, dan maksimal adalah lima bulan berturut-turut.