Uncategorized

Mengenal Apa Itu Rapid Serologi

Mengenal apa itu rapid serologi. Pada masa pandemi virus corona atau Covid-19, melakukan tes untuk mendeteksi corona sangatlah penting.

Ada banyak cara atau jenis-jenis tes yang tersedia untuk mendeteksi Corona, salah satunya dengan melakukan rapid serologi.

Rapid serologi  berbasi lab dianggap memiliki sensitivitas mendeteksi Corona hingga 100 persen.

Tes ini merupakan tes antibodi total yang memiliki akurasi tinggi dan relatif cepat. Selain itu, tes ini juga bisa dilakukan baik itu di rumah sakit maupun mobile testing atau onsite.

Sama seperti rapid test, rapid satu ini mendeteksi antibodi Anda untuk mengetahui apakah terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum.

Yuk, mari mengenal apa itu rapid serologi.

Mengenal Rapid Serologi

Rapid serologi adalah pemeriksaan darah untuk mengidentifikasi paparan patogen pada tubuh manusia. Oleh karena itu, tes ini bisa melihat respon kekebalan pada pasien.

Tes ini pada dasarnya adalah tes darah untuk mendeteksi antibodi. Hasil rapid serologi ini dapat digunakan untuk mendiagnosis apakah orang tersebut pernah mengalami atau sedang terkena infeksi tertentu.

Tes ini akan memberikan informasi secara lebih detail mengenai prevalensi penyakit dalam suatu populasi. Hal ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi individu yang telah mengembangkan antibodi terhadap virus.

Rapid serologi  hanya mampu melihat respon antibodi terhadap virus. Oleh karena itu, tes ini digunakan sebagai skrining awal, bukan untuk mendiagnosis.

Kelebihan Rapid Serologi

Tes rapid satu ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut,

  • Pengerjaan tes dan deteksinya dilakukan oleh instrumen robotik atau alat di laboratorium
  • Meminimalisir human error 
  • Tingkat sensitivitas mencapai 100 persen
  • Tingkat spesifisitas lebih dari 99,81 persen
  • Tanpa gangguan atau reaksi silang dari virus flu biasa atau virus selain SARS-CoV-2
  • Waktu pengerjaan relatif lebih cepat, dengan akurasi yang baik

Rapid Serologi Pasca Vaksin

Tes serologi dianggap dapat memeriksa keberhasilan vaksinasi. Tes ini akan mengecek apakah vaksinasi berhasil merangsang sistem imun yang menghasilkan antibodi spesifik tertentu terhadap suatu penyakit,

Namun, jenis tes serologi yang dilakukan setelah vaksin adalah jenis tes serologi berbeda yang digunakan untuk pemeriksaan awal atau skrining.

Jadi, Anda tidak perlu melakukan rapid serologi jika sudah mendapatkan vaksin. Tes yang digunakan untuk skrining tidak bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan vaksinasi.

Hal ini dikarenakan antibodi yang dideteksi masing-masing berbeda. Baik itu untuk mendiagnosis virus berbeda, maupun antibodi yang digunakan untuk menilai keberhasilan vaksin. 

Demikian penjelasan untuk mengenal apa itu rapid serologi. Dengan ini, Anda bisa mempertimbangkan rapid serologi sebagai pilihan rapid tes Anda.