Uncategorized

Nebulizer Omron: Fungsi, Cara Pakai, Harga dan Perawatannya

Nebulizer merupakan alat terapi pernafasan untuk penderita gangguan pernafasan. Alat ini bekerja dengan mengubah obat cair ke dalam bentuk uap sehingga memudahkannya masuk lebih dalam hingga paru-paru. Nebulizer dapat menjadi terapi pernafasan yang digunakan di rumah maupun dalam perjalanan.

Merek Omron bisa menjadi pilihan untuk memilih dan membeli sebuah nebulizer untuk terapi Anda. Nebulizer Omron adalah merek asal Jepang yang produksinya sudah mengikuti standar kualitas yang ketat serta dirancang dengan teknologi tinggi. Produk ini diformulasikan untuk bisa memberikan obat secara efisien sekaligus memaksimalkan kemudahan penggunaan & daya tahan. 

Berikut penjelasan lebih jauh tentang nebulizer Omron.

Deskripsi nebulizer Omron beserta fungsinya

Nebulizer Omron adalah produk dari Omron yang digunakan untuk terapi pernafasan rumah. Produk ini merupakan alat inhalasi yang berfungsi untuk meredakan gangguan pernapasan, seperti asma, alergi di saluran pernapasan, serta sesak napas atau batuk karena bronkitis. Teknik penguapan dengan nebulizer atau disebut juga nebulisasi terbukti lebih ampuh untuk mengurangi sesak napas yang dialami para penderita gangguan pernapasan.

Nebulizer Omron menggunakan teknologi V.V.T (Virtual Valve Technology) untuk mengurangi pemborosan obat serta turut memastikan menyediakan nebulizer kit yang mudah dibersihkan dan tanpa menggunakan katup silikon. 

Nebulizer ini juga menggunakan teknologi Mesh yang memungkinkan melakukan nebulasi untuk bepergian dan dalam posisi apapun. Ada dua tipe nebulizer Omron, yaitu jenis mesh dan kompresor. 

Nebulizer kompresor mudah digunakan dan cocok untuk anak-anak. Hampir semua jenis obat dapat digunakan pada alat ini. Harganya pun relatif efektif. Namun, kekurangannya adalah ukurannya yang cukup besar serta memiliki banyak komponen. Alat ini juga dapat mengeluarkan bunyi saat sedang dipakai. Untuk mengaktifkan nebulizer kompresor harus menggunakan energi listrik.

Nebulizer mesh memiliki harga yang relatif mahal dan sedikit rumit untuk membersihkannya. Tetapi alat ini sangat mudah digunakan dan cocok dibawa bepergian. Penggunaannya bahkan bisa sembari tiduran dan suara yang dihasilkan tidak sebising nebulizer kompresor.

Untuk kebisingan alat, nebulizer Omron sendiri menawarkan fitur yang rendah kebisingan dibeberapa varian produknya.

Cara memakai nebulizer Omron

Cara memakai nebulizer Omron dapat disesuaikan dengan jenisnya masing-masing. karena memiliki bentuk yang berbeda, tentunya cara pemakaiannya pun berbeda. Anda dapat melihat detail pemakaian pada kertas atau buku petunjuk.

Secara umum cara memakai nebulizer Omron adalah:

  • Pastikan tangan Anda dan alat sudah bersih
  • Atur dosis obat dan taruh pada wadah obat
  • Untuk jenis kompresor, hubungkan selang penyambung kompresor ke wadah nebulizer.
  • Pasang mouthpiece (corong mulut) atau masker ke nebulizer. Kemudian nyalakan mesin nebulizer.
  • Letakkan mouthpiece ke mulut atau masker serta pastikan tidak ada celah.
  • Bernapaslah secara perlahan hingga obat abis.

Perawatan dan harga nebulizer Omron

Perawatan nebulizer Omron juga disesuaikan dengan jenisnya. Jenis mesh dan kompresor memiliki perawatan yang berbeda. Anda dapat melihat lebih detail cara perawatan dalam petunjuk penggunaan. Berikut perawatan nebulizer Omron secara umum yang dikutip dari petunjuk penggunaan.

Untuk perawatan jenis mesh, yaitu:

  • Cuci tutup mesh dengan merendam dalam air bersih bukan air mengalir
  • Masker inhalasi dan masker adapter, botol obat, dan vibrating dapat dibersihkan dengan air yang mengalir lalu lap dengan kain kasa. Jangan gunakan cairan pembersih, tisu atau kain
  • Botol obat, mouthpiece, tutup mesh, dan masker adaptor dapat disterilkan dalam wadah berisi air dan didihkan selama 10-20 menit. Selanjutnya, lap dengan kain kasa

Untuk perawatan jenis kompresor, yaitu:

  • Nebkit, mouthpiece, masker, dan nosepiece dapat dibersihkan dengan air hangat dan detergen ringan. Gantilah nebkit setelah 6 bulan dipakai
  • Kompresor, pipa udara dibersihkan dengan kain yang telah dilebutkan dengan detergen ringan
  • Selalu disinfeksi atau bersihkan alat setelah pemakaian. Jangan gunakan bahan kimia yang mudah terbakar seperti benzene dan thinner untuk membersihkannya
  • Bagian alat lainnya selain pipa udara, masker, filter udara dan penutup filter udara  juga dapat dididihkan selama 15-20 menit

Nebulizer Omron memiliki harga yang beragam tergantung dengan jenisnya. Umumnya jenis mesh lebih mahal dibanding dengan jenis kompresor. Harga nebulizer Omron sendiri berkisar antara Rp500.000 hingga Rp6.000.000.

Fitur utama nebulizer dan pertimbangan pemilihan

Fitur-fitur utama nebulizer pada umumnya adalah:

  • Diameter Aerodinamika Massa Median (MMAD m)

Diameter Aerodinamika Massa Median (MMAD m) adalah ukuran partikel dari uap yang dihasilkan oleh nebulizer. MMAD merupakan diameter yang membagi massa uap menjadi dua. Diameter ini menjadi salah satu parameter yang direkomendasikan European Respiratory Society untuk mengukur kinerja nebulizer.

  • Kecepatan

Kecepatan durasi pengobatan dipengaruhi oleh nebulization rate, jika nebulization rate lebih tinggi, maka lebih cepat pula durasi pengobatan. Pengertian Nebulization rate, yaitu jumlah obat-obatan cair yang diuapkan dan dikeluarkan oleh nebulizer dalam satuan ukuran mililiter selama satu menit.

  • Keluaran Aerosol

Keluaran aerosol atau output aerosol adalah jumlah obat-obatan yang terhirup dan tersimpan dalam paru-paru. Jumlah ini bisa diukur menggunakan pompa simulator pernapasan yang terhubung dengan filter. Fitur ini berperan untuk mengukur efisiensi dari nebulizer.

  • Tingkat Kebisingan 

Nebulizer mengeluarkan kebisingan saat dipakai, hal tersebut menjadikannya sebagai fitur utama dari nebulizer. Bayi dan anak-anak cenderung takut terhadap suara bising dari mesin nebulizer kompresor, oleh sebab itu jenis nebulizer mesh atau ultrasonik menjadi pilihan yang lebih cocok untuk mereka.

  • Ukuran Mesin yang portabel

Fitur ini direkomendasikan pada situasi di mana pengobatan harus tetap dilakukan bahkan saat sedang berada diluar rumah.

Untuk memilih jenis nebulizer, hal yang bisa Anda pertimbangkan adalah siapa yang akan menggunakannya, apakah anak-anak atau orang dewasa, keluhan kesehatan seperti gangguan pada pernafasan atas atau bawah, dan dimana nebulizer akan digunakan. Jika untuk penggunaan rumah, Anda dapat memilih nebulizer Omron jenis kompresor, tetapi jika Anda lebih banyak bepergian, jenis mesh bisa jadi rekomendasinya.

Nebulizer Omron adalah produk terapi pernafasan yang dirilis oleh merek Omron. Alat ini dapat mengobati gangguan pernafasan seperti asma, sesak nafas, dan alergi saluran pernafasan. Nebulizer ini didesain dengan teknologi tinggi serta memiliki dua jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dapatkan produk original nebulizer Omron dengan harga hemat hanya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ melalui website dan aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store dan temukan tipe yang Anda butuhkan beserta promo khususnya.