Uncategorized

Penyebab Kuku Bergelombang dan Cara Mengatasinya

Kondisi kuku bisa menjadi tanda ada masalah kesehatan dalam tubuh kita, seperti stres hingga berbagai penyakit kronis lainnya, salah satunya adalah kuku bergelombang.

Kuku bergelombang adalah kondisi di mana kuku membentuk tonjolan baik secara vertikal maupun horizontal.

Tapi, kamu tak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Namun, pada beberapa kasus, kuku bergelombang bisa menandakan adanya masalah pada kesehatan, apalagi jika tonjolannya horizontal.

Untuk mengetahui penyebabnya, tentu kamu harus menemui dokter untuk pemeriksaan menyeluruh sehingga penanganannya tepat. Berikut ini informasi terkait penyebab kuku bergelombang dan cara mengatasinya. 

Penyebab kuku bergelombang

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kuku jadi tidak rata dan bergelombang, salah satunya adalah penyakit eksim. Kulit yang kering juga bisa menyebabkan munculnya tonjolan pada kuku. 

Selain itu, kekurangan zat-zat penting seperti protein, kalsum, seng, dan vitamin A bisa menyebabkan munculnya tonjolan pada kuku. Selain itu, faktor usia juga bisa menjadi penyebab kuku bergelombang. 

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab kuku bergelombang yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, pengobatan yang dilakukan pun semakin mudah. 

Kuku bergelombang vertikal

Ada beberapa penyebab kuku bergelombang secara vertikal. Umumnya, hal ini bukanlah hal yang berbahaya atau perlu dikhawatirkan

  • Penuaan 

Sama seperti kulit, kuku juga akan menunjukkan tanda penuaan. Seiring bertambahnya usia, kuku akan mengalami penebalan atau lebih tipis, bentuknya tidak halus, mudah patah, dan juga bergelombang. 

  • Anemia 

Apabila kamu menderita anemia, hal ini mungkin akan membuat kuku menjadi bergelombang secara vertikal. Pada beberapa kasus, kuku bergelombang pada penderita anemia juga disertai dengan perubahan warna dan tesktur kuku.

Selain kedua hal di atas, berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan kuku bergelombang secara vertikal.

  • Trachyonychia
  • Penyakit pembuluh darah perifer
  • Arthritis rheumatoid

Selain kuku bergelombang, biasanya juga disertai dengan gejala lain seperti kuku yang kasar dan rapuh. Untuk penanganan lebih lanjut sebaiknya segera menghubungi dokter. Kamu bisa juga melakukan konsultasi secara online di aplikasi SehatQ.

Kuku bergelombang horizontal

Apabila kuku bergelombang secara horizontal, kamu wajib waspada. Sebab, biasanya hal ini menandakan penyakit yang cukup serius.

Dalam beberapa kasus, kuku bahkan bisa berhenti tumbuh. Kuku yang bergelombang secara horizontal mungkin menjadi tanda beberapa penyakit ini: 

  • Penyakit ginjal akut
  • Diabetes
  • Penyakit tiroid
  • Seseorang yang menjalani kemoterapi
  • Penyakit sifilis
  • Penderita gondok

Apabila kuku kamu bergelombang secara horizontal dan disertai dengan gejala lain seperti perubahan warna sebaiknya jangan diabaikan dan segera lakukan pemeriksaan pada dokter. 

Gejala perubahan warna pada kuku juga bisa mengindikasikan kondisi serius seperti endokarditis atau melanoma.

Cara mengatasi

Setelah mengetahui penyebabnya, pengobatan untuk kuku bergelombang pun semakin mudah. Sebab, perawatan kuku bergelombang biasanya disesuaikan dengan penyebabnya.

Sebagai contoh, penyebabnya adalah eksim, maka dokter akan memberikan resep yang bisa mengurangi gejala eksim. Dengan begitu, kuku bergelombang akan membaik dengan sendirinya.

Apabila kuku bergelombang disebabkan karena kekurangan kadar mineral dan vitamin, maka dokter akan memberikan vitamin tambahan. Selain itu, kamu juga harus mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Apabila tidak ada penyebab yang serius, kamu bisa mengatasi kuku bergelombang dengan melakukan manicure  dan mencoba menghaluskan kuku dengan benar. 

Untuk berjaga-jaga, tetap disarankan menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. Kamu bisa berkonsultasi secara online di aplikasi SehatQ.