Resep

Resep Es Cincau Hitam Segar Mudah untuk Dibuat

Masyarakat yang berada di negara-negara Asia seperti Singapura, Indonesia, dan Cina memang kerap mengonsumsi cincau hitam sebagai minuman tradisionall sebagai makanan penutup. Bahkan, cincau hitam juga diyakini memiliki khasiat obat yang memiliki fungsi dan sifat sebagai antioksidan, anti kanker, anti bakteri, dan membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Tak mengherankan jika resep es cincau hitam kerap dicari banyak orang karena manfaat dan kesegaran saat meminumnya.

Cincau hitam dibuat dari tanaman Mesona palustris. Cincau hitam dapat digunakan untuk membantu mengurangi tekanan darah, menyeimbangkan gula dalam darah, serta mencegah risiko terkena diabetes dan penyakit hati. Tak hanya itu, cincau hitam juga bertindak sebagai anti oksidan yang dapat melawan paparan radikal bebas. Cincau hitam juga bermanfaat untuk membantu tubuh melawan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi, melindungi tubuh dari kanker serta meningkatkan fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

Resep es cincau hitam yang segar

Cincau hitam juga memiliki kandungan flavonoid yang termasuk dalam kelas fitonutrien tertentu yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus, mencegah diare, melindungi dari sariawan dan sakit maag. Karena kaya akan kandungan antioksidan, maka cincau hitam telah terbukti melindungi sel beta di dalam pankreas sehingga dapat membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2.  Cincau hitam juga diketahui mampu mengatur kadar gula dalam darah saat dikonsumsi bersama makanan dengan karbohidrat kompleks. Setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan usai mengonsumsi cincau hitam, Anda tentu ingin segera membuatnya, apalagi es cincau hitam sangat segar ketika dikonsumsi. Berikut resep es cincau hitam yang dapat Anda praktikkan.

Resep Es Cincau Hitam

Untuk membuat resep es cincau hitam, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti berikut ini.

  • 1 papan atau 800 sampai 900 gram cincau hitam
  • 10 biji buah nangka
  • Es batu secukupnya

Bahan Kuah untuk Es Cincau

  • 100 cc santan kental instan
  • 500 cc atau 2 gelas air putih
  • 100 gram gula Jawa yang sudah disisir
  • 3 lembar daun pandan yang diikat simpul
  • 50 cc susu kental manis putih

Anda juga perlu menyiapkan alat-alat masak untuk membuat resep es cincau hitam seperti wadah, panci, pisau, sendok makan, sendok sayur, dan gelas.

Cara Membuat Es Cincau Hitam

  • Ambil 1 papan cincau hitam lalu potong-potong berbentuk dadu. Setelah dipotong bentuk dadu, masukkan potongan cincau hitam tersebut ke dalam wadah dan sisihkan.
  • Buang biji nangka, lalu potong-potong kecil-kecil buah nangka sesuai selera. Akan tetapi sebaiknya dipotong dengan bentuk dadu.
  • Rebus semua bahan kuah cincau dalam satu panci. Masak sampai campuran tersebut mendidih sambil diaduk terus menerus agar santan tidak pecah.
  • Sebelum mendidih, segera matikan api lalu masukkan nangka yang telah dipotong dalam bentuk dadu. Kemudian, diamkan beberapa saat sampai dingin.
  • Ambil gelas yang sudah disiapkan, lalu tuang es batu dan cincau hitam ke dalam gelas. Selanjutnya, masukkan kuah yang tadi sudah matang lalu taburkan nangka. Aduk dan sajikan saat masih dingin.

Resep es cincau hitam ini juga bisa Anda modifikasi dengan mencampurkan bahan-bahan lain seperti buah mangga atau kacang merah manis. Anda juga bisa menyajikan saat siang hari saat cuaca sedang panas sehingga mampu mendinginkan dan menyegarkan tubuh Anda. Tak hanya itu, resep es cincau hitam segar juga bisa Anda buat untuk menu buka puasa karena menyegarkan dan juga mengenyangkan sebelum mengonsumsi makanan yang berat.