Hidup Sehat

Segala Keluhan Ini Bisa Diatasi dengan Fisioterapi

Pijatan untuk mengurangi nyeri juga termasuk dalam fisioterapi

Manusia dibekali oleh anatomi tubuh, yang begitu kompleks, sehingga memungkinkannya untuk bergerak dan melakukan segala macam hal. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa membuat kemampuan fungsi tubuh itu berkurang, sehingga memengaruhi gerakan. Tindak medis yang umum untuk mengatasi kondisi itu adalah fisioterapi.

Fisioterapi atau disebut juga terapi fisik merupakan tindakan medis yang dirancang dan didesain begitu rupa sehingga dapat mengembalikan kemampuan gerak dan fungsi tubuh. Fisioterapi dibutuhkan oleh mereka yang mengalami gangguan setelah mengalami cedera, penyakit tertentu, atau disabilitas.

Fisioterapi dilakukan dengan tumpuan gaya dan gerak mekanis. Setelah fisioterapi dilakukan, penderita akan mengalami peningkatan mobilitas dan kualitas kehidupan. Selain itu, fisioterapi juga akan mencegah cedera bertambah parah.

  • Masalah Fleksibilitas

Sesuai dengan tujuan dan fungsi utamanya sebagai pengembali kemampuan gerak dan fungsi tubuh, fisioterapi tentu saja bisa mengembalikan atau meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi nyeri pada anggota tubuh penderita.

  • Inkontinensia

Inkontinensia adalah ketidakmampuan seseorang untuk menahan buang air. Banyak pasien merasa malu untuk mengangkat topik ini dan karenanya terus menderita dalam diam. Namun, banyak penderita yang bisa dibantu secara signifikan, dengan pendekatan non-bedah yang ditawarkan oleh orang yang ahli dalam bidang fisioterapi, yakni fisioterapis. 

Tindak fisioterapi untuk mendapatkan manfaat ini dapat mencakup: latihan dasar panggul khusus dan saran terkait kebiasaan gaya hidup seperti makan dan minum.

  • Gangguan Muskuloskeletal dan Multiple Sclerosis

Banyak pasien mendapatkan kekuatan dan kemampuan untuk kembali ke fungsi normal dari pengobatan fisioterapi. Fisioterapis memiliki berbagai macam cara untuk mengobati nyeri dan teknik-teknik ini bisa mencakup mobilisasi sendi, peregangan otot, terapi titik pemicu, pengobatan dengan panas dan akupuntur.

  • Arthritis

Pengobatan untuk osteoarthritis adalah pijatan dan penggunaan modalitas seperti ultrasound dan panas. Hidroterapi (latihan dalam air hangat) juga membantu dalam mengurangi nyeri arthritis dan meningkatkan mobilitas sendi.

  • Masalah pada Punggung

Pengobatan fisioterapi untuk masalah punggung mencakup pijatan, terapi titik pemicu dan akupuntur dan juga penggunaan corrective sports tape untuk memperbaiki postur. Masalah pada punggung itu beragam penyebabnya, tetapi biasanya diakibatkan oleh:

  • Penyakit kardiovaskular
  • Stabilitas inti tubuh
  • Diabetes

Dengan mengikuti latihan fisioterapi, metabolisme tubuh dipercepat dan glukosa akan bergerak masuk ke dalam sel dengan lebih mudah, yang membantu mengurangi kadar gula darah.

  • Pencegahan Cedera

Meskipun pasien menemui fisioterapis setelah mereka terkena cedera, banyak dari cedera ini yang sebenarnya bisa dicegah jika mereka datang sebelum terkena cedera tersebut.

  • Cedera Sendi

Cedera sendi adalah salah satu masalah paling umum pada pasien fisioterapi. Untuk meredakan nyeri, pijatan dan terapi panas dan dingin dapat membantu. Pasien dengan masalah sendi tulang belakang dapat meningkatkan kekuatan inti mereka untuk melindungi intervertebral disc.

  • Sakit Leher dan Sakit Kepala

Fisioterapi sangatlah membantu dalam mengobati sakit kepala yang berkaitan dengan disfungsi tulang belakang servikal. Namun, pengobatan ini memerlukan diagnosis yang cermat dan pengobatan fisioterapi akan tergantung pada kondisinya.

  • Osteoporosis

Penelitian telah menunjukkan bahwa jenis latihan ini dapat menjaga kepadatan tulang, yang meningkatkan kekuatan dan menstimulasi pertumbuhan tulang pada penderita osteoporosis.

  • Sindrom Carpal Tunnel

Pengobatan untuk pasien penderita sindrom carpal tunnel biasanya akan dianjurkan setelah diagnosis awal. Fisioterapi mencakup teknik anti-inflamasi seperti penggunaan es dan pijatan,  dan latihan peregangan dan penguatan untuk mengembalikan fungsi dan mengurangi nyeri.

***

Itulah beberapa penyakit, atau gangguan yang membuat fungsi dan gerak tubuh berkurang, yang bisa diatasi dengan tindak medis fisioterapi. Tak terbatas pada itu, hampir semua gangguan terkait pun bisa diupayakan dengan terapi ini.

Jika Anda menderita suatu keluhan, Anda bisa mencari dan mendatangi fisioterapis dan mengonsultasikan keluhan kepadanya. Biasanya, setelah mendapat diagnosis, fisioterapis akan menentukan metode fisioterapi yang cocok dengan kondisi Anda.