Penyakit

Tanda GERD Sudah Sembuh Tak Juga Muncul, Lakukan Ini

Tanda Gerd sembuh salah satunya nyeri pada bagian dada yang disertai sensasi panas pada dada atau heartburn berkurang. Selain itu, tanda Gerd sudah sembuh juga ditandai dengan berkurangnya rasa mual. 

gerd

Pengidap Gerd (gastroesophageal reflux disease) akan mengalami kondisi di mana asam lambung meningkat dan terjadi aliran balik ke kerongkongan. 

Jika gangguan cukup berat, Gerd bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan waktu tidur Anda. Pengobatan pun perlu dilakukan agar Gerd berkurang. 

Lalu bagaimana jika telah melakukan pengobatan tetapi tanda Gerd sudah sembuh tak juga muncul? 

Gejala Gerd yang semakin parah

Gerd bisa sembuh, tetapi bisa juga malah semakin parah. Jika tanda Gerd sudah sembuh tak juga muncul, malah ada gejala lain, maka kemungkinan Gerd Anda malah berubah jadi parah.

Gerd umumnya disebabkan oleh karena pola makan yang buruk disertai gaya hidup tidak sehat seperti sering makan makanan pedas, asam, hingga minum bersoda dan mengandung kafein.

Berikut ini merupakan tanda Gerd semakin parah:

  • munculnya rasa pahit atau asam pada mulut. Hal ini disebabkan akibat cairan atau makanan yang naik menuju kerongkongan dan mulut.
  • adanya rasa tidak nyaman di dada seperti rasa terbakar bahkan sesak napas.
  • sensasi globus berupa rasa mengganjal di tenggorokan dan tenggorokan dapat terasa pedih atau panas. 
  • sakit dada, dan nyeri ulu hati.
  • batuk yang lama tak kunjung sembuh.
  • Tenggorokan berlendir.
  • Pusing, gemetaran dan berkeringat dingin.

Lalu kenapa tanda GERD sudah sembuh tak juga muncul?

Penggunaan obat-obatan memang menjadi penanganan utama agar Gerd dapat teratasi dengan baik. Namun, yang perlu diperhatikan, jika pengobatan Gerd dilakukan tanpa disertai perubahan gaya hidup, maka akan sia-sia.

Perubahan terhadap gaya hidup sehat dapat menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan gejala asam lambung kronis yang Anda derita.

Tips agar GERD segera hilang

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tanda Gerd sudah sembuh bisa datang. 

Perhatikan porsi makan dan jenis makanannya

Penyakit asam lambung umumnya disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak cukup tinggi, makanan asam, pedas, santan-santan, kanji, minuman soda dan yang mengandung kafein. Maka saat penyembuhan, hindari mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dalam porsi yang langsung dalam jumlah banyak. Setelah mengonsumsi makanan, sebaiknya jangan langsung berbaring karena meningkatkan kambuhnya penyakit asam lambung. 

Hentikan kebiasaan merokok

Sebaiknya jika Anda memiliki kondisi penyakit asam lambung, hentikan kebiasaan merokok. 

Sebab, tidak hanya meningkatkan risiko gangguan jantung dan paru-paru, merokok juga meningkatkan risiko penyakit asam lambung yang cukup parah.

Olahraga teratur

Pengobatan Gerd akan semakin lengkap jika dilengkapi olahraga teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga stamina tetap optimal. Hindari melakukan gerakan yang menekan lambung, seperti melompat. 

Selain itu, jangan berolahraga setelah makan. Lakukan olahraga 2-3 jam setelah mengonsumsi makanan untuk menghindari penyakit asam lambung.

Kelola stress 

Stres menjadi hal utama yang harus dihindari para penderita Gerd selain makanan mengandung lemak tinggi, rokok, dan minuman mengandung kafein. Munculnya stres akan memicu hormon kortisol dan menaikkan asam lambung. Selain itu, stress bisa menyebabkan kepanikan sehingga membuat asam lambung naik.

Maka dari itu, penting untuk penderita Gerd untuk mengelola stress. Jangan berpikir aneh-aneh. Perlu diingat, Gerd tidak menimbulkan kematian, kecuali ada penyakit lain.

Pengobatan Gerd memang membutuhkan waktu yang lama dan butuh konsistensi penderitanya agar bsia segera sembuh. 

Jika sudah mengatur pola makan dan pola hidup namun tidak kunjung sembuh sebaiknya konsultasikan keluhan Anda ke dokter penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut contohnya endoskopi.