Hidup Sehat

Tanda-Tanda Fungsi Sumsum Tulang Belakang Terganggu

Sumsum tulang belakang merupakan kumpulan saraf dan sel yang memanjang dari bagian bawah otak ke punggung bawah. Rata-rata perempuan memiliki sumsum tulang belakang dengan panjang sekitar 43 sentimeter. Sementara itu, laki-laki memiliki panjang sumsum tulang belakang dengan kisaran 45 sentimeter. Fungsi sumsum tulang belakang utamanya membawa sinyal antara otak dan seluruh tubuh.

Sinyal yang dibawa oleh sumsum tulang belakang pada akhirnya berperan penting dalam berbagai aspek fungsi tubuh. Setidaknya ada tiga peran utama dari sumsum tulang belakang, seperti di bawah ini.

  • Distributor Sinyal dari Otak

Dengan fungsi sumsum tulang belakang yang satu ini, Anda dan semua orang mampu mengotrol gerakan tiap anggota tubuhnya. Pasalnya, tubuh bisa menerima apa yang diperintahkan otak melalui sinyal yang tersalur lewat sumsum tulang belakang.

  • Pengirim Informasi ke Otak

Tidak hanya menyalurkan informasi dari otak ke seluruh tubuh, sumsum tulang belakang juga bertugas mengirimkan pesan dari berbagai bagian tubuh ke otak. Dari fungsi sumsum tulang belakang inilah, otak bisa mengetahui berbagai sensasi yang dirasakan tubuh, yang berasal dari sentuhan, tekanan, ataupun rasa nyeri.

  • Perespons Reflek Motorik

Kadangkala, sumsum tulang belakang dapat membuat tubuh melakukan tindakan tanpa perintah otak. Inilah yang disebut sebagai fungsi refleks motorik. Sumsum tulang belakang bertindak independen dalam menanggapi sensasi seketika yang diterima tubuh. Sebagai contoh, ketika merasakan sensasi panas, sumsum tulang belakang sangat mungkin menggerakkan tubuh menjauh dari sumber panas. Hal ini sering terjadi apabila Anda tidak sengaja menyentuh panci panas tanpa sengaja.

Pentingnya fungsi sumsum tulang belakang tak ayal membuat orang yang mengalami cedera di bagian ini akan mengalami sejumlah gejala yang berhubungan dengan saraf motoriknya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang timbul jika sumsum tulang belakang Anda mengalami cedera.

  • Nyeri Tulang Belakang

Kerap kali gejala cedera sumsum tulang belakang bisa sangat terasa dan menimbulkan nyeri secara langsung. Bagian tulang belakang Anda akan mendadak terasa sakit dan membuat Anda tidak nyaman untuk bergerak secara leluasa.

  • Tidak Peka Sensasi

Wajar apabila Anda tiba-tiba menghindar ke pinggir jika Anda klakson mobil dari belakang. Menjadi lumrah pula ketika Anda tiba-tiba menepis sesuatu yang menyentuh bagian tubuh Anda secara tiba-tiba. Yang aneh justru ketika motorik Anda tidak peka terhadap sensasi yang tiba-tiba. Itu artinya ada masalah dengan fungsi tulang belakang Anda.

  • Tubuh Atas Melemah

Cedera sumsum tulang belakang akan lebih mudah ditanggapi oleh tubuh bagian atas. Tak ayal saat mengalami gangguan fungsi sumsum tulang belakang, leher maupun tangan Anda terasa lemas. Bahkan dalam beberapa kasus, gangguan sumsum tulang belakang bisa menyebabkan kelumpuhan di tubuh bagian atas.

  • Posisi Kepala Tak Normal

Orang-orang yang memiliki gangguan fungsi sumsum tulang belakang kerap mengalami masalah kelemahan dengan leher mereka. Leher yang terganggu tak ayak memengarugi posisi kepala. Karena itulah jika Anda merasa sulit memosisikan kepala secara tegas, bisa jadi ada masalah di bagian sumsum tulang belakang Anda.

  • Sering Kebas

Gangguan pada sumsum tulang belakang juga dapat menimbulkan efek kebas bahkan mati rasa di organ motorik tubuh. Ini karena tidak lancarnya pesan dari otak ke tubuh maupun sebaliknya.

  • Sulit Berjalan

Terganggunya fungsi sumsum tulang belakang juga akan membuat penderitanya mengalami fungsi motorik di tubuh bagian bawah. Yang paling signifikan adalah penderita gangguan fungsi sumsum tulang belakang akan kesulitan untuk berjalan.

*** Pentingnya fungsi sumsum tulang belakang membuat Anda mesti ekstra menjaga kesehatannya. Hindari berbagai penyebab kerusakan sumsum tulang belakang yang dapat berakibat fatal bagi kehidupan Anda.