Parenting

Yuk Mulai Sekarang Cegah Kecanduan Gadget pada Anak agar Tumbuh Kembang Maksimal

Tahukah Anda bahwa anak sudah mulai dikenalkan pada gadget ketika baru memasuki usia 11 bulan atau kurang dari setahun? Data tersebut didasarkan pada hasil penelitian dari Pusat Medis Anak Cohen di New York yang mengambil sampel dari 65 keluarga. Disebutkan pula bahwa 97% responden memiliki perangkat digital layar sentuh. Tidak heran, jika dalam proses tumbuh kembangnya, banyak anak mengalami perilaku kecanduan gadget.

Craig Anderson, PhD, yang merupakan seorang profesor psikologi di Iowa State University mengatakan bahwa layer gadget dapat memberikan efek berbahaya untuk anak yang baru lahir, remaja, dan orang dewasa. Masalah yang mungkin akan dialami, antara lain terganggunya daya fokus ketika di sekolah, kualitas tidur yang buruk, kelebihan berat badan, gangguan pada penglihatan, hingga kurangnya interaksi sosial.

Program khusus untuk atasi kecanduan gadget pada anak

The Bozes Foundation adalah salah satu yayasan yang menginisiasi program khusus untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Yayasan tersebut didirikan oleh pemilik Amazon, Jeff Bezos. Sebuah program yang disebut Vroom menyediakan pelajaran singkat yang dapat membantu orang tua untuk membangun interaksi dengan buah hatinya. Program ini dilengkapi dengan beberapa kegiatan yang dapat merangsang aktivitas otak usia dini dengan memaksimalkan kegiatan sehari-hari, seperti berkomunikasi ketika waktu sarapan.

Tips membatasi penggunaan gadget pada anak

Beberapa tips di bawah ini dapat Anda lakukan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak.

  1. Batasi waktu penggunaan gadget

Membatasi waktu penggunaan gadget pada anak merupakan hal sederhana, namun membutuhkan ketegasan. Anak perlu untuk diajari bagaimana menggunakan waktu, seperti mengetahui waktu spesifik untuk mematikan gadget atau menghentikan penggunaannya.

  1. Berikan contoh yang baik pada anak

Anak pada dasarnya akan meniru segala tindakan dan perilaku yang dilakukan oleh orang tua. Penting bagi Anda untuk dapat disiplin dalam menggunakan gadget. Sebelum Anda memarahi anak karena terlalu sering bermain dengan gadget, refleksikan terlebih dahulu perilaku Anda, apakah Anda pernah menggunakan gadget secara intens ketika anak-anak berada di sekitar Anda? Banyak riset yang menunjukkan bahwa orang tua lebih fokus pada gadget mereka dibanding membangun komunikasi dengan anak.

  1. Bantu anak menemukan hobi

Anak akan cenderung memiliki perilaku kecanduan gadget jika ia tidak memiliki ketertarikan pada kegiatan lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membantu anak menemukan hobi atau setidaknya kegiatan lain yang ia senangi, seperti bersepeda, membaca, menggambar, atau kegiatan lain yang mendorong kreativitas anak.